Rakornas Pengendali Inflasi Daerah Dihadiri Sekda dan Forkopimda NTB
Terjemahan

AmpenanNews. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Gita Ariadi, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan juga anggota Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi NTB menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi di Daerah secara Hybrid melalui Ruang Kerjanya, Senin, 31 Oktober 2022.

Dalam Rakornas yang dihadiri sekertaris daerah provinsi NTB tersebut, dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph. dan menghadirkan narasumber di antaranya Deputi BPS, Deputi Bapanas, Dirjend PDN Kemendag, Jamdatun, Dirjend Horti kementan, Kasum TNI, dan Satgas Pangan Polri.

Pada kesempatan tersebut, Mendagri kembali memberikan arahan agar daerah-daerah fokus pada pengendalian inflasi. Hal tersebut merujuk pada kekacauan ekonomi di beberapa negara oleh Pandemi Covid-19 dan Perang Rusia-Ukraina. Indonesia saat ini berada pada posisi relatif masih landai di angka 5,95 persen, namun dikatakan Tito tetap harus waspada.

Baca Juga :  Gerakan Save Teluk Bima Dicanangkan Wakil Gubernur

“Perang ini berimbas pada situasi ekonomi dunia dan berimbas juga pada keadaan keuangan, banyak negara yang menahan pangannya masing-masing untuk kepentingan rakyatnya,” ungkapnya.

Rakornas tersebut juga menghasilkan perlu dilakukannya diversifikasi makanan pokok, selain beras, sesuai dengan bahan-bahan yang ada di daerah masing masing.

Untuk Pemerintah Provinsi, kabupaten dan kota, juga diminta mengkoordinasikan dan memfasilitasi penyaluran OPM di daerah/wilayah masing masing, Bapanas siap membantu, apabila Daerah tidak memiliki BTT. Pemda juga diminta menyediakan off taker untuk bahan komoditas strategis.

Di Provinsi, kabupaten dan kota, juga wajib menyiapkan cadangan pangan di wilayah masing masing. Sesuai dengan keadaaan wilayah masing masing.

Himbauan TPID bersama satgas pangan juga diminta untuk melakukan rapat seminggu sekali untuk mengetahui secara detil kondisi aktual di lapangan.

Baca Juga :  Hari Ketiga WSBK, Minat Belanja Penonton semakin tinggi

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments