Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lotim Mencatat 800 Ekor Hewan Kurban
Terjemahan

AmpenanNews. Dinas peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mencatat sampai dengan hari ini terdapat sebanyak 800 ekor hewan ternak yang akan di kurban pada pada hari raya idul Adha mendatang.

Dijelaskan oleh Kabid Keswan Hultatang, angka 800 hewan ternak yang akan di kurban pada Idul Adha mendatang tersebut merupakan data sementara yang dapat dihimpun dinas peternakan di semua kecamatan di Kab.Lotim, diperkirakan angka tersebut akan terus bertambah menjelang satu minggu Idul Adha.

“Untuk sapi saat ini totalnya 632 ekor dan kambing 168 ekor” ucap drh.Hultatang, saat ditemui media diruang kerjanya, Kamis 30/05/2024.

Masih kata Hultatang, mengingat angka hewan yang akan di kurban pada idul adha mendatang akan terus meningkat, dinas peternakan dan kesehatan hewan kemudian membentuk tim pengawasan terhadap hewan kurban di Masing-masing kecamatan dan desa.

Baca Juga :  Shareholder Agreement Bank NTB Syariah Dihadiri Pj Bupati Lotim

“Tugas kami di dinas tentu akan melakukan pengawasan terhadap hewan kurban dan itu kita fokuskan di
seluruh desa, adapun tujuan dari dilakukannya pengawasan tidak lain dalam rangka memastikan hewan yang akan dikurban oleh panitia maupun perorangan itu adalah hewan kurban yang sehat cukup umur dan tidak terinfeksi penyakit”

Kenapa pengawasan terhadap hewan yang akan di kurban ini penting dilakukan oleh dinas peternakan dan kesehatan hewan karena mengingat di lotim masih terdapat kasus hewan ternak yang terinfeksi cacing hati.

“Pemeriksaan kesehatan hewan dilakukan tujuannya untuk memastikan hewan kurban yang di potong itu betul-betul hewan yang sehat” ulasnya

Dinas peternakan dan kesehatan hewan juga mengimbau, masyarakat ataupun panitia hewan kurban untuk dapat membeli hewan kurban yang sehat di pasar

Baca Juga :  Seluruh OPD Lotim Mengisi Kegiatan SULTan ke SMKN 1 Sikur

“Ciri-ciri hewan kurban yang sehat adalah gemuk, matanya bersinar cerah tidak ada leleran air mata, tidak ada infeksi cacing pada mata, tidak ada leleran lendir dari mulut dan hidung, kulitnya bersih dan tidak kusam, kakinya tidak pincang, jika disentuh ada respon dan terlihat selalu waspada” singkat imbuhnya.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments