Rumah Potonng Hewan di Lotim akan diupayakan dimodernisasi
Terjemahan

AmpenanNews. Sejumlah Rumah Potong Hewan (RPH) di Kabupaten Lombok Timur diupayakan akan di modernisasi, hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lombok Timur Ir. Masyhur, SP.

Dijelaskan oleh Ir.Masyhur, SP, upaya modernisasi RPH baik itu terhadap bangunan maupun terhadap peralatannya ini akan terus dilakukan secara continue dan untuk tahun 2024 ini baru RPH Aikmel, Kecamatan Aikmel, Kab.Lotim yang akan di sentuh melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar hampir 2 Milyar.

“Jadi terhadap modernisasi RPH ini kita awali dari RPH Aikmel melalui dana DAK” ucapnya saat ditemui media ini diruang kerjanya, Rabu (24/04/2024).

Masih kata Ir.Masyhur, SP, adapun terhadap pelaksanaan modernisasi RPH Aikmel tersebut akan mulai dikerjakan pada bulan Mei mendatang, dan saat ini terhadap pekerjaan tersebut tengah di lakukan pelelangan di UKPBJ Kab.Lotim.

Baca Juga :  Malam Apresiasi Hari Pers Nasional di Lombok Timur

“Adapu nilai tender pekerjaan fisik modernisasi RPH Aikmel itu sebesar Rp.1,4 Miliar dan 500 juta untuk pengadaan peralatan RPH”

Adapun maksud dan tujuan Pemerintah melakukan modernisasi terhadap keberadaan RPH di Kab Lotim tidak lain dalam rangka mewujudkan RPH yang lebih Higenis, baik terhadap hewan yang telah di potong maupun terhadap lingkungan RPH itu sendiri.

“Nanti RPH ini akan lebih higenis dan lebih lengkap selain dari segi peralatan maupun pengolahan limbah serta penyimpanan daging” ucapnya

Menjadikan seluruh RPH di Lotim lebih higenis diakui oleh kepala dinas telah menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi Dinas Peternakan Lotim untuk dapat di implementasikan secara bertahap.

Baca Juga :  PKP Lotim Siap Menangkan Maksimal di Pilkada 2024

“Di Lotim saat ini terdapat sebanyak tujuh RPH, namun yang baru di support dari DAK untuk dimodernisasi baru satu RPH sisanya secara bertahap akan terus diupayakan anggarannya” singkatnya.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments