Laskar Sasak Mengguncang World Superbike 2023 Sirkuit Mandalika
Terjemahan

AmpenanNews. Laskar Sasak salah satu Organisasi Masyarakat (Ormas) mengguncang World Superbike (WSBK) 2023 salah satu pergelaran dunia otomitif yang berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika pada hari Minggu 5/03.

Pada saat Final Race WSBK, tepatnya di Race ketiga, secara tiba tiba hentakan Genderang Perang dari Sekahe Gendang Beleq, bau harum kemenyan, sekitar 200 orang lebih yang membawa alat Presean, Tombak dan Bendera Ormas Laskar Sasak yang berkibar dengan agungnya.

Puluhan perempuan cantik yang terbagi menjadi beberapa kelompok diantara Kaum Bini Laskar Sasak dengan busana yang beragam tiba tiba masuk bergerombol memasuki area Starting Grid, dimana para Rider sudah bersiap siap untuk memulai balapan mereka.

Tim media pun penasaran karena ini tiba tiba hal tersebut terjadi diluar schedule, sehingga para tim media pun ikut mendekat dan mendokumentasikan peristiwa pertunjukan tersebut.

” ini adalah tarian kolosal yang menampilkan cerita fantastis yang penuh dengan pituah dan pesan untuk Perdamaian Dunia, yang mereka kasi judul “INEN GUMI”,” papar Lalu Muhammad Ali Sadikin Spd., atauiq Denta sapaan akrabnya.

Usai pagelaran seni dan budaya tim media mencoba menemui dan bertanya pada salah seorang team officialnya, Bram Ibrahim Sakkam dan Torra Sigerele,.

Bram ( sapaan akrabnya) menjelaskan bahwa ini dimulai pada rencana yang disusun di kediaman adiknya di Desa Santong Kabupaten Lombok Utara, bersama team Kesune Goreng.

Lebih jauh Tora menjelaskan, pada tengah malam pada saat hujan lebat, kami berlima L. Ganda Mataram, L. Yudi Puyung, Bram Mujur dan saya Bun Kate serta R. Prawangsa Sokong datang ke kediaman Miq Denta.

Baca Juga :  Pembukaan TMMD Ke 117 di Lombok Tengah Dihadiri Danrem 162/WB

” saat iti hujan lebat kami bersama mendapat ide untuk menampilkan Inen Gumi, untuk lebih jelasnya silakan bertanya sama Miq Denta yang gondrong pakai rompi Laskar Sasak itu,” tunjuknya.

Wakil Ketua Umum sekaligus Dewan Pendiri Ormas Laskar Sasak, Lalu Muhammad Ali Sadikin yang biasa dan akrab di sapa Miq Denta ini, sangat ramah, dan beliau bercerita awal mula konsep dan rencana pagelaran seni budaya kolosal ini.

“Kami bekerja team, awalnya atas Perintah Ketua Umum Lalu Wiradarma JS, Sekjen Lalu Kusnawan meminta saya untuk rapat setelah acara pelantikan DPP LS yang baru di Batu Mora Lombok Timur. Dalam rapat kecil tersebut, Sekjen menawarkan untuk kita ikut terlibat memeriahkan ajang bergengsi WSBK di sirkuit Mandalika yang di adakan oleh Dorna orgniser dan pemilik WSBK,” paparnya.

video pagelaran Laskar Sasak dapat dilihat dibawah ini

Atas izin Ketua, lanjut Miq Denta, langsung menyetujui tawaran tersebut, dan langsung membuat alur ceritanya tentang pertunjukan Kolosal Perang Gaur dan Solusinya untuk menghentikan keributan dan peperangan tersebut.

” Semangatnya adalah dari Sasak kita kirim Pesan ke belahan penjuru untuk Perdamaian Dunia ditengah tengah ancaman Perang Dunia ke III yang saat ini sedang berlangsung. Sebanyak 201 orang akan terlibat dalam pertunjukan ini,” jelasnya.

Miq Denta juga menyampaikan bahwa melalui Sasak kita akan ruwat dan rawat dunia yang sedang diambang kekacauan, jadi nantinya bukan hanya sekedar pertunjukan, akan tetapi langsung dengan ritualnya juga.

” disini banyak yang terlibat, setelah Naskahnya saya buat, saya namakan “Kantha Bhumi” namun oleh Mangku Bajang Raden Yoga Sokong, judulnya lebih disederhanakan lagi menjadi “Inen Gumi” biar kesan Sasaknya lebih menonjol dan bermakna, dan kami semua menyetujuinya,” jelasnya.

Baca Juga :  Gelorakan HUT RI Ke-75, Bukit Merese KEK Mandalika Lokasi Short Film Pengibaran Merah-Putih Polda NTB

Kemudian Miq Denta menyampaikan naskah tersebut kepada Baiq Ika Wardhani yang menjabat sebagai Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD NTB).

“Alhamdulillah Kepala BPPD terbaik se Indonesia, naskah tersebut beliau terima, dan dibagi menjadi empat sesi yang harus selesai selama 8 menit. Konflik dan Solusi, Kebebasan, Perayaan dan Doa Restu,” pungkasnya.

Masih kata Miq Denta, dua minggu sebelum hari H, dipimpin oleh Ketua LS, Ketua BPPD NTB dan ketua IHGMA dipresentasikan lagi didepan teamwork MGPA, WSBK dan ITDC, dan disetujui Dorna.

“Untuk menjalankan acara agar tepat 8 menit sesuai waktu yang dikasi oleh penyelenggara, kami sekali Latihan di Gubernuran dan sekali Gladi Resik di arena sirkuit. Kami semua kompak dan bekerja keras secara bersama, kami bukan dari sanggar seni yang sudah terbiasa, namun kami semua hampir orang baru dan amatiran, namun Alhamdulillah berkat kerja sama semua fihak, segala kesulitan bisa kami atasi,” paparnya.

Karena acara ini Non Budgeting, lanjutnya, disamping untuk pesan perdamaian, semangatnya adalah semata mata untuk mendukung Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah serta dunia usaha melalui Promosi bidang pariwisata.

“Kendala yang terbesar bagi kami adalah Pendanaan, tidak mudah untuk mengorganisir lebih dari 200 orang beserta perlengkapan acara dan lainnya. Namun kami bersyukur, Allah memudahkan jalan kami melalui tangan hambanya yang lome dan pasu seorang dermawan dari Lombok Timur berinisial HLS yang sahabat kami dan menjadi Pembina LS di Lombok Timur,” Jelasnya.

Baca Juga :  Lalu Iqbal: Pemerintah RI Kirim 21 Ton Bantuan ke Palestina

Hasilnya seperti yang disaksikan seluruh dunia, lanjut miq denta, begitu gegap gempita, begitu meriah dan begitu spiritualistik dan bahkan lebih jauh Bos WSBK, Dorna sendiri meminta untuk tambahan waktu atraksi selama 7 menit.

“Para Rider sangat senang, team team mereka ikut merekam moment yang iconic sekali pada saat para Pepadu saling gebuk, Inen Gumi masuk mengamankan dan memberi doa restu keselamatan, lantunan tembang pujangga Dayan Gunung, teriakan pesan perdamaian terjemahan dari bait bait tembang, Tarian Cilinaya, Genderang dan tarian sakral seorang Maspanji, Panji-Panji Laskar Sasak di kibarkan, angin bertiup satu arah dan mengibarkan bendera LS kearah satu penjuru,” pungkasnya.

Bahkan jelas Miq Denta, salah seorang Rider berjanji akan berkunjung dan bermain ke Markas LS di Lombok Timur Para Rifer minta photo dan ngevlog dengan talent talent lainnya.

” terimakasih dan bangganya terhadap seluruh jajaran pengurus dan anggota Laskar Sasak baik di Dewan Pendiri, Dewan Pembina, Bupati Pidie Aceh, Dewan Pimpinan Pusat, Dewan Pimpinan Daerah se Indonesia, Koordinator Wilayah dan segenap Laskar Sasak di manapun berada yang telah ikut mendukung secara langsung maupun tidak langsung,” katanya.

Kata kata terimakasih juga disampaikan kepada Pemerintah Pusat, Menteri, Jajaran Pimpinan DPR-RI, Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur NTB, Ibu Kadis Perdagangan, Pak Habibie MGPA, Pa Wahab itdc, Ibu Baiq Ika Wardhani Kepala BPPD NTB, Ketua IHGMA, GHA dan MHA.

“LASKAR SASAK UNTUK INDONESIA,” teriak Miq Denta mengakhiri wawancaranya kepada tim media ini.

 

 

Subscribe
Notify of
guest

3 Komentar
terbaru
terlama terbanyak disukai
Inline Feedbacks
View all comments
Selamat cunda semoga cita cita laskar menjadi jaya
Selamat cunda semoga cita cita laskar menjadi jaya
1 tahun lalu