Sirkuit Motocross 459 Lantan Dinyatakan Layak Gelar MXGP
Terjemahan

AmpenanNews.com – Kabar bahagia bagi pecinta Motocross. Hasil Track Inspection atau semacam homoglasi terhadap Sirkuit Motocross 459 Lantan internasional menyatakan bahwa Sirkuit layak untuk menyelenggarakan event tingkat nasional dan Asia.

Pernyataan itu disampaikan Tim Track Inspection Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Sutejo dikegiatan Meet and Greet Road To Lantan 459 di Pendopo Bupati Lombok Tengah (Loteng), Sabtu (07/05/22).

Anggota Komisi Motocross dan Gastrack IMI Pusat itu menilai Sirkuit 459 sudah memenuhi standar untuk sebuah sirkuit bersekala nasional dan Asia atau penyelenggaraan balapan bertarap internasional seperti MXGP sekalipun.

Sutejo mengatakan, pihak penyelenggara sudah mengajukan track inspection berapa hari lalu. Atas pengajuan itu pihaknya sudah turun untuk mengecek kondisi sirkuit.

“Dari lebar track berapa titik amannya, pas ujicoba kemarin hanya segelintir pembalap pemula jatuh berarti aman dan layak” kata Sutejo.

Untuk menentukan kelayakan, selain kondisi track, fasilitas pendukung seperti Rumah Sakit, akses jalan masuk, jalur evakuasi juga sangat menentukan.

“Jarak untuk akses masuk, tinggi table topnya berapa, jarak rumah sakit berapa kilo, itu juga kita perhitungkan, dan dari semua itu, catatan kita sangat layak” jelasnya.

“Jadwal penyelenggaraan resmi kata dia dikeluarkan oleh IMI dan mulai jam 08.00 wita Minggu pagi ada free fractis, penyisihan dan final di Senin” tambahnya lagi.

Baca Juga :  Ketua Tim Penggerak PKK, Hadiri Acara Jalan Sehat Perwira NTB

Dia menambahkan, Sirkuit Motocross ini harus dijadikan sebagai sarana untuk mencari bibit atau talenta muda sebagai croser handal yang mampu berbicara di level nasional bahkan Internasional.

“kita juga berpikir bagaimana atlet kita bisa berlaga di PON (PEkan OLahraga NAsional), ini bisa kita jadikan tempat untuk persiapan PON, sekaligus sebagai sport center untuk akomodir Pembalap pembalap lokal,” ujarnya.

Widia Wibowo, Anggota Komisi Event Internasional IMI Pusat mengatakan sebanyak 64 orang pembalap sudah mendaftar diri di louncing sekaligus lomba motocross. 11 diantaranya berasal dari luar negeri. Seperti Prancis, Italia, Rusia dan lainnya.

Widia mengaku bangga dan salut dengan Bupati Lombok Tengah yang mau turun langsung memantau pengerjaan pembangunan Sirkuit,

“jarang jarang kita lihat Bupati turun langsung, biasanya hanya perintah saja, luar biasa, baru melihat sosok pemimpin seperti itu” kata mantan pembalap nasional itu.

Bagi Widia tujuan utama pembangunan Sirkuit bukan sekedar balapan, namun untuk meningkatkan perekonomian masyarakat bagian Utara, dimana di Selatan ada Sirkuit Motor GP Mandalika, di Utara ada motocross sehingga keseimbangan pembangunan sangat dipikirkan oleh Bupati.

“Saya tadi lihat bagaimana para Pedagang sangat terbantu dengan adanya Sirkuit ini. Kedepannya penginapan, bengkel, toko motor, modifikasi motor juga pasti akan muncul sebab semua terkait. Semua ada dampaknya” kata Widia.

Baca Juga :  Dibalik Prestasi Lotim, Peningkatan IPM Masih Sebatas Harapan

Tujuan Mulia ini kata Widia harus didukung semua pihak. Pemuda setempat juga sudah training sebagai Marshal. Sebanyak 60 orang pemuda dilatih sebagai Marshal. Para pemuda itu dikasi tahu teknik balapan. Kedepannya akan ada seminar dan pemberian license.

“Banyak pemuda kita yang mampu tapi tak berlisensi. Nanti saya akan coba agar mereka punya lisensi” janjinya.

Widia Wibowo ingin mengangkat Loteng ini tidak hanya dikenal dilokal saja tetapi juga nasional bahkan internasional. Dirinya berjanji akan bawa event nasional ke Lombok Tengah.

“Tim asia juga akan saya bawa ke sini dan sudah sounding dengan para pembalap. Imprastruktur akan dilengkapi, lintasan Roadrace, Dragrace juga kita akan bangun, biar tak balap dijalan. Saya yakin acara ini tak bisa jalan tanpa partisipasi kita semua, apalagi keterlibatan SKPD. Acara ini akan sukses 11 ribu, akan disana dengan catatan semua pihak harus mendukung” katanya.

Ketua Komisi Motocross Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) Asia Frans Tanujaya yang juga hadir ditempat itu sangat mengapresiasi keinginan Bupati Lombok Tengah memiliki Sirkuit berkelas, karena itu sebagai bentuk penghargaan kepada Bupati atas keinginannya yang kuat memiliki Sirkuit Motocross untuk kepentingan masyarakat maka pihak IMI akan menyelenggarakan event kelas Dunia.

“saya kebetulan pegang Asia, berharap event Asia bisa dilaksanakan di Lombok Tengah. Kalau saya lihat standar Sirkuitnya cukup bagus, panjang 1,6 kilo layak untuk kejuaraan Asia” jelasnya.

Baca Juga :  Ajak Alumni UTS Ikut Kembangkan SDM di NTB

Pihak FIM juga berharap agar penyelenggaraan event MXGP bisa dilakukan di Lantan. Pihaknya sudah sounding dengan presiden FAI Asia bahkan mereka sudah dua kali datang ke Lombok. “Mereka sudah datang ke Lombok saat WSBK dan Motor GP, mereka sangat senang di Lombok sehingga saya yakin apa yang menjadi harapan kita bisa terwujud apalagi Sirkuit Motor Cross dekat dengan Sirkuit Motor GP” ujar Mantan Pembala Nasional itu.

Salah seorang Jurnalis Motocross Nasional Ganjar, juga memberi penilaian positif terhadap keberadaan Sirkuit ini. Dia mengandung kan Sirkuit 459 Lantan dideretan Sirkuit terbaik di Indonesia.

“Saya sudah keliling ke sejumlah Provinsi yang memiliki Sirkuit, dan Sirkuit Lombok Tengah ini sangat baik. Saya katakan ini salah satu sirkuit terbaik di Indonesia” kata Ganjar.

Sementara itu, Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri mengatakan, apa yang jadi hajat bersama untuk memberikan pelayanan kepada elemen masyarakat yang hobi otomotif bisa berjalan sesuai kehendak semua, karena itu dia berharap dukungan semua pihak.

“Kita tak bisa mampu tanpa kerjasama kita semua. Menyampaikan permohonan maaf apabila ada hal hal yang kurang berkenan” kata Bupati menutup pertemuan itu. (di)

 


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments