Program Melalui Kredit Lotim Berkembang Menyasar UMKM Diperluas
Terjemahan

AmpenanNews. Program Lombok Timur Berantas Rentenir melalui Kredit Tanpa Bunga (Lotim Berkembang) dengan menyasar UMKM terus diperluas jangkauannya oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

Pada, Kamis (20/10/2022) Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy, menandatangani Kesepakatan Bersama dengan  PT. Pegadaian tentang pemasaran dan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).

Penandatangan PKS tersebut juga diikuti penandatangan perjanjian kerja sama (PKS) oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM dengan Deputi Bisnis PT. Pegadaian Area Ampenan.

Sebelum melakukan penandatangan, Bupati menyampaikan harapan agar dana Rp. 1 miliar yang disiapkan Pemda untuk pembayaran bunga pinjaman tersebut dapat segera dituntaskan sesuai target. Namun begitu, Bupati menyadari waktu tersisa hingga akhir tahun tidaklah cukup. Karenanya ia meminta anggaran yang tidak terserap dapat dianggarkan kembali pada APBD 2023 mendatang.

Baca Juga :  Bupati Lotim Mengikuti Rakor untuk Merumuskan RAPBD Perubahan

Ditegaskan Bupati kerja sama penyaluran KUR Lotim Berkembang untuk UMKM ini hanya dengan Pegadaian.

Bupati Sukiman tetap mendorong PT. Pegadaian dapat merealisasikan pinjaman kepada UMKM secara optimal. Karena itu ia meminta PT Pegadaian menyederhanakan mekanisme penyaluran kredit dan tidak mempersulit masyarakat pemohon.

Verifikasi berkas permohonan diminta Bupati juga dilakukan Pegadaian. Diharapkan, dengan semakin banyak masyarakat terlayani gairah masyarakat berusaha akan meningkat, seiring peningkatan perekonomian mereka. Keberhasilan tersebut juga praktis akan memudahkan mereka menjalankan kewajiban pelunasan KURnya.

PT. Pegadaian, seperti diungkapkan Deputi Bisnis PT. Pegadaian Kantor Area Ampenan I Putu Suryawan, menyediakan plafon pinjaman minimal Rp. 5 jt dan maksimal Rp. 10 juta. Ia mengapresiasi Pemda Lombok Timur dengan program Lotim Berkembang. Program tersebut dinilai dapat mengurangi beban masyarakat sebab tidak perlu membayar bunga, karena telah dibayarkan Pemda.

Baca Juga :  Wabup, Berbagai Upaya Pemkab Lombok Timur Tingkatkan PAD

Diakui pihaknya menyalurkan KUR mulai tahun 2022 ini dan mendapat respon positif dari masyarakat. Ia berjanji akan berupaya maksimal dan berharap berdampak positif, tidak saja bagi PT. Pegadaian terlebih bagi UMKM di Lombok Timur.

Mendukung program tersebut, Pegadaian juga melibatkan cabang yang ada di Lombok Tengah untuk melayani masyarakat Lombok Timur.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments