Indeks Pembangunan Manusia Lombok Timur Menempati Posisi Delapan
Terjemahan

AmpenanNews. Percepatan Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Lombok Timur menjadi poin penting karena mengingat Lombok Timur masih menempati posisi ke delapan.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim pada Rapat Koordinasi Tim Percepatan Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang berlangsung, Rabu (13/4).

Masih kata Sekda, ketiga poin itu diantaranya mempercepat penyetaraan pendidikan, menggandeng perguruan tinggi.
Seiring dengan itu Pemkab juga akan melanjutkan kerjasama atau bertemu kembali dengan beberapa perguruan tinggi yang sebelumnya sudah melakukan MoU.

Lebih lanjut, Sekda menilai Lombok Timur memiliki potensi yang bagus di sektor kesehatan, diantaranya dengan dijadikannya Lombok Timur sebagai daerah fokus penurunan angka kematian ibu dan anak sekaligus penurunan angka stunting.

Baca Juga :  Penanganan Stunting di Lotim, OPD di Minta Serius

“Kita bisa melompat lebih banyak dibandingkan kabupaten/kota lain, Ini strategi maka manfaatkanlah dua situasi tersebut, yakni dimana Lotim mendapatkan rumah sakit kesehatan ibu dan anak, lalu kita sebagai fokus untuk lima kabupaten/kota penurunan AKB termasuk penurunan angka stunting,” tambahnya.

Selain sektor pendidikan dan kesehatan, sektor ekonomi juga dinilai Sekda sudah bagus, minimal dari aspek pemerataan, di mana indeks gini ratio Lombok Timur berada di posisi ke tiga.

Sementara Kepala Bappeda Lombok Timur Hj. Baiq Miftahul Wasli, yang memaparkan gambaran capaian IPM di kabupaten Lombok Timur, serta faktor-faktor pendukung dan berbagai program dalam upaya percepatan peningkatan IPM. ia menjelaskan selama tahun 2019-2022 berdasarkan hasil penghitungan BPS, IPM Lombok Timur berada di posisi 8 dari 10 kabupaten/kota dengan nilai 66,66. Karena itu dibutuhkan upaya percepatan, apalagi untuk mengejar target posisi ke-7 pada akhir RPJMD 2018-2023.

Baca Juga :  Kapolda NTB Silaturrahmi sekaligus Menjenguk Tuan Guru Bagu di RSUP

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments