Danrem 162/WB Apresiasi Personel Satuan Tugas Pengamanan Presiden RI

AmpenanNews. Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) VVIP mengawal ketat kunjungan kerja Presiden RI beserta rombongan dalam rangka menyaksikan langsung pertandingan final event MotoGP 2022 di Mandalika Internasional Street Circuit.

Untuk personel TNI POLRI terlihat memagari sepanjang rute perjalanan dari Bandara Internasional Lombok (BIL) sampai Sirkuit MotoGP yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Desa Kuta kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah.

Hal tersebut disampaikan Komandan Korem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) usai mendampingi dan mengawal langsung kunjungan kerja Presiden RI di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022).

Komandan Korem 162/WB menerangkan bahwa selain pengamanan rute, personel TNI juga melaksanakan pengamanan di tempat gelaran MotoGP baik di luar maupun dalam area sirkuit Mandalika.

“Selain yang berpakaian dinas lengkap, ada juga prajurit kami (TNI) yang berpakaian preman membaur dengan penonton maupun pengunjung lainnya di dalam area sirkuit. Mereka mengantisipasi dan mencegah hal-hal yang mengandung ancaman, terutama yang dapat mengganggu kelancaran MotoGP atau bahkan membahayakan keselamatan Presiden,” ungkapnya.

Menurutnya tidak berlebihan, karena pengamanan presiden adalah salah satu tugas pokok TNI, yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP) berdasarkan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, sehingga Protap pengamanan VVIP harus dijalankan secara maksimal untuk menjamin keamanan dan keselamatan Presiden RI.

“Kami harus menjamin keselamatan Presiden, maka Protap pengamanan yang telah ditetapkan harus dilaksanakan dengan maksimal. Selain itu, juga untuk memberikan kenyamanan selama kegiatan,” ujar Danrem.

Dansatgaspam VVIP wilayah NTB ini menyatakan bahwa pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI beserta rombongan hari ini di Lombok berjalan aman dan lancar tanpa hambatan atau gangguan apapun.

Alumni Akademi Militer 1988 itu memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua unsur yang terlibat pengamanan karena telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik sesuai fungsi masing-masing instansi maupun perorangan.

“Terimakasih kepada seluruh personel yang terlibat baik TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya atas pelaksanaan pengamanan berjalan sesuai rencana,” tutupnya.

 

Tags
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close