Kepala Desa Sebagai Penyelenggara dan Penanggungjawab Roda Pemerintahan

AmpenanNews. Kepala Desa, sebagai penyelenggara sekaligus penanggung jawab jalannya roda pemerintahan, atas dasar itu kemudian dituntut berperan penting dan memastikan keterlibatan masyarakat di wilayahnya. Baik membina ketentraman, juga menyelenggarakan program di bidang kemasyarakatan.

Tiga Desa di Lombok Timur beberapa waktu lalu meraih penghargaan dalam ajang Kampung Sehat Award 2 yang diselenggarakan Kapolda NTB. Ketiga Desa tersebut adalah Aikmel, Kembang Kuning dan Pesanggarahan.

Hal itu disampaikan Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy, pada acara Silaturrahmi Forkopimda dan seluruh Kades dan Lurah se-kabupaten Lombok Timur, pada Kamis (9/12) di Lapangan Apel Polres Lombok Timur.

Bupati pada kesempatan tersebut menegaskan agar Kepala Desa dapat melakukan pembenahan di Desa masing-masing dengan mencontoh Desa-desa yang telah berhasil tersebut.

Bupati,juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh komponen mulai dari Babinkamtibmas, Babinsa, Danramil, Kapolsek, jajaran Kades, Lurah, dan Camat yang telah melaksanakan tugas mulia dengan baik. Bupati mencontohkan salah seorang Babinkamtibmas yang menggendong orang tua menuju lokasi vaksinasi. Atas kinerja dan dedikasi itu, Bupati berjanji akan memberikan penghargaan berupa umrah dan hadiah lainnya.

Ia menegaskan Pemerintah akan berupaya memberikan bantuan finansial khusus untuk penanganan covid-19 kepada Kepala Desa dan Lurah di Kabupaten Lombok Timur, “Minimal untuk Kepala Desa sebesar Rp. 2,5 juta, mudah-mudahan bisa kita alokasikan,” kata beliau.

Sementara itu Kapolres AKBP Hermawan Suryono terkait libur natal dan tahun baru mengingatkan agar Kades/ Lurah menyampaikan kepada masyarakat untuk membatasi aktivitas seperti berkerumun dan pesta di malam tahun baru terutama di tempat umum. Hal tersebut guna mengendalikan penyebaran Covid-19.

 

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close