Humas Universitas Mataram
Humas Universitas Mataram
Terjemahan

AmpenanNews. Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum kembali melepas mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik periode Januari – Februari Tahun Akademik 2020/2021. Pelepasan 3.468 orang mahasiswa pada Senin, (11/1) itu dilakukan secara virtual melalui Zoom Meeting dan Kanal Youtube Universitas Mataram.

Rektor Unram Prof. Husni menerangkan, Unram sebagai institusi pendidikan memiliki peran strategis dalam membantu pemerintah mempersiapkan masyarakat menuju era new normal (normal baru) melalui Program KKN New Normal yang dilaksanakan pada periode semester genap ini.

Begitu juga dengan kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih gayut atau sesuai dengan kebutuhan zaman. Sehingga mahasiswa akan mampu menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat.

“Kita meyakini, pembelajaran dapat terjadi di manapun, ruang belajar tak berbatas, tidak hanya di ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium, tetapi juga di desa, industri, tempat-tempat kerja, tempat-tempat pengabdian, pusat riset, maupun di masyarakat,” papar Guru Besar Ilmu Hukum Unram itu.

Baca Juga :  Danrem 162/WB Pantau Proses Pencairan Dana Stimulan

Besarnya jumlah mahasiswa yang melaksanakan KKN per semester, Rektor Unram Ke-9 itu juga menginstruksikan kepada seluruh Ketua Program Studi (Kaprodi) untuk mengarahkan sebagian mahasiswa untuk mengikuti KKN Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sesuai dengan amanah Permendikbud No 3 tahun 2020.

“Kami juga mengingatkan seluruh mahasiswa peserta KKN, harus menjalankan program kerja secara profesional dan optimal,” serunya.

Prof Husni menekankan, karena KKN merupakan bentuk kegiatan sumbang saran kampus bagi pembangunan, pengembangan Iptek, Sosial, Ekonomi dan Budaya, mengingat Perguruan Tinggi memiliki peran penting sebagai motor penggerak dalam mensukseskan pembangunan di setiap sektor.

Dr. Ir. Siti Hilyana selaku Ketua Pelaksana KKN Tematik 2021 melaporkan, KKN Tematik periode semester genap Januari – Februari Tahun Akademik 2020/2021 ini diikuti oleh 3.468 orang mahasiswa dari 9 fakultas dan 3 prodi dibawah rektor. Peserta KKN Tematik ini terdistribusi dalam tiga tema besar yakni, Integrasi KKN-PLP yang diikuti 948 orang dan telah dilepas pada bulan November 2020 lalu, KKN Tematik MBKM diikuti oleh 184 orang, dan KKN Tematik Proyek Di Desa yang terdistribusi menjadi tujuh sub tema.

Baca Juga :  Program Pemerintah Provinsi NTB Tetap Berkesinambungan

“Tujuh sub tema itu antara lain Rumah Pangan Lestari diikuti 700 orang, Kewirausahaan 600 orang, Desa Digital 210 orang, Desa Wisata 326 orang, KKN Mahadesa 140 orang, KKN Pendamping Ekonomi Wilayah Terdampak Bencana 210 orang,“ paparnya.

Masih kata Ketua Panitia Pelaksana, KKN Green Campus (kampus hijau, red.) yang baru kita mulai berjumlah 150 orang, untuk melakukan penataan lingkungan kampus mengacu pada Blue Print Kampus Universitas Mataram dan pendampingan IT pada SDM di dalam kampus..

Ibu Dr. Ir. Siti Hilyana menyampaikan pula bahwa total yang dilepas hari ini berjumlah 2.551 orang yang tersebar di 19 kabupaten dan 427 desa baik di desa atau kelurahan di NTB maupun di luar NTB.

Baca Juga :  Disnakertrans Kerjasama dengan Prodi HI Universitas Mataram

Ia mengajak seluruh mitra yang terlibat untuk mengambil bagian dalam proses pembekalan pelayanan KKN, agar proses program kerja mahasiswa dapat berjalan pada tingkatan yang paling efektif dan tepat sasaran.


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments