Danlanal Mataram
Terjemahan

AmpenanNews. Dalam melaksanakan tugas pokok TNI Angkatan Laut yaitu melaksanakan tugas TNI matra laut di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional, sesuai dengan ketentuan hukum internasional dan nasional. Melaksanakan tugas diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan luar negeri yang ditetapkan pemerintah, melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra laut serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Pangkalan hanya bagian kecil dari jajaran TNI AL dalam melaksanakan tugas pokok sesuai UU, dalam rangka melaksanakan tugas pokok tersebut gelar Pangkalan terdiri dari kelas A, kelas B dan kelas C yang dalam operasionalnya bertangung jawab langsung kepada Pangkoarmada.

Pangkalan TNI Angkatan Laut Mataram, disingkat Lanal Mataram, adalah unsur pelaksana Koarmada II yang berkedudukan langsung dibawah Koarmada II dengan pembinaan administratif dibawah Lantamal VII.

Lanal Mataram memiliki tugas pokok menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur TNI AL serta Kotama TNI AL secara terbatas.

Baca Juga :  Kodim dan Polres Sumbawa Bahas Penganan dan Pencegahan Covid-19

Menyelenggarakan keamanan Laut dan pembinaan Potensi Maritim menjadi kekuatan pertahanan Negara di Laut serta tugas-tugas lainnya berdasarkan kebijakan pemimpin.

Dukungan Pangkalan TNI Angkatan Laut yang cukup mewadahi dari segi pelayanan dan dukungan logistik, untuk dapat mendukung dengan baik terhadap unsur atau KRI yang akan melaksanakan bekal ulang (bekul).

Pangkalan TNI AL (LANAL) memiliki Posmat TNI AL atau yang biasa di sebut Pos pengamat TNI AL dan Posal TNI AL atau Pos TNI AL adalah unit terkecil yang dimiliki TNI AL.

Tugas dan peranannya sangat diandalkan sebagai mata serta telingan Pangkalan TNI AL (LANAL). Posmat atau Posal adalah unsur pelaksana teknis yang bertugas mengumpulkan informasi data intelijen maritim, dalam rangka mengemban fungsi intelijen maritim yang diwenangkan kepada TNI AL, dalam hal ini Komandan Lanal Mataram.

Baca Juga :  Kepala BNN NTB Bersama Gubernur Musnahkan BB Narkotika Senilai 4 Miliar

Merupakan Sebuah implementasi dari tugas pokok peran dan fungsi sebagai elemen terkecil dalam strata, gelar Pangkalan TNI Angkatan Laut.

Posal mempunyai tugas pokok mengumpulkan informasi dan selanjutnya disampaikan ke satuan atas untuk dikaji dan dievaluasi sebagai data masukan untuk pengambilan keputusan, baik dalam tingkat taktis operasi dan strategis.

Selain bertanggung jawab terhadap keamanan Laut serta pemberdayaan dan pemanfaatan potensi maritim yang berada diwilayahnya, Posmat dan Posal juga harus mempunyai peranan langsung terhadap lingkungan sekitar

“Posal-posal dibawah jajarannya agar melaksanakan peran nyata dalam pengamanan dan pembangunan di daerah, salah satunya adalah dengan perbantuannya ke Pemerintah Daerah yang sesuai dengan UU No. 34 tahun 2004 yang menyebutkan tugas pokok TNI, terutama pada peran TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) di butir 5 dan 9, Posmat serta Posal juga diwajibkan memiliki tugas dan kemampuan Patroli terbatas, SAR terbatas serta bersinergi dengan instansi terkait melaksanakan pembinaan masyarakat dan potensi maritim yang berada diwilayah kerja masing-masing” Ungkap Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H.

Baca Juga :  Warga Kelurahan Bintaro Gotong Royong Ciptakan Kampung Sehat

Lanal Mataram yang memiliki sejumlah Posmat dan Posal yang berada di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Diantaranya yang berada di Pulau Lombok yaitu Posmat Lembar (Kab. Lombok Barat), Posal Gili Air (Kab.Lombok Utara), Posal Selat Alas dan Posal Tanjung Luar (Kab. Lombok Timur), Posal Teluk Awang (Kab. Lombok Tengah), sedangkan yang berada di Pulau Sumbawa antara lain Posal Benete (Kab.Sumbawa barat), Posal Labuh Padi (Kab. Sumbawa besar), Posal Calabai (Kab. Dompu), Posal Kolo (Kota. Bima), dan Posal Sape (Kab. Bima).( Pen Lanal Mataram)


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments