Kemarau Di NTB Akan Bertahan Hingga Bulan November, Waspadai Dampaknya

Ampenan News. Pada dasarian II Oktober 2019 tidak terjadi hujan di seluruh wilayah NTB. Sifat hujan pada dasarian II Oktober 2019 secara keseluruhan di Bawah Normal.

Hari Tanpa Hujan Berturut – turut (HTH) umumnya dalam kategori Sangat Panjang (31-60 hari) hingga Kekeringan Ekstrem (>60 hari)*. HTH terpanjang terpantau di Pos Hujan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat sepanjang 189 hari.

ENSO saat ini berada pada kondisi Netral, sementara itu kondisi Suhu Muka Laut di sekitar perairan NTB menunjukan kondisi lebih dingin dibandingkan dengan normalnya. Analisis angin menunjukkan angin Timuran masih mendominasi di wilayah Indonesia. Pergerakan Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini tidak aktif di wilayah Indonesia. Kondisi tersebut mengurangi peluang terjadinya hujan di wilayah NTB.

Peluang terjadinya hujan > 50 mm/dasarian pada dasarian III Oktober 2019 sangat rendah yaitu di bawah 10%, dan peluang terjadi hujan <20 mm/dasarian umumnya lebih dari 80 % di seluruh wilayah NTB diprakirakan sampai dasarian II bulan November 2019. Pada dasarian III bulan November terdapat peluang hujan > 50mm/dasarian di Kota Mataram dan sebagian Lombok Barat meskipun hanya 10-30 %.

Waspada Potensi Kekeringan di daerah dengan Hari Tanpa Hujan >60 hari di wilayah berikut :                                      Kota Mataram (Selaparang, Cakranegara, Ampenan), Lombok Barat (Lembar, Sekotong, Lingsar, Gunungsari), Lombok Utara (Bayan, Tanjung, Gangga), Lombok Tengah (Praya Barat, Praya Timur, Pujut), Lombok Timur (Sembalun, Labuhan Haji, Jerowaru, Sakra Barat, Swela, Wanasaba, Sukamulia, Keruak, Pringgabaya, Terara, Sambelia), Sumbawa Barat (Sekongkang, Taliwang, Jereweh), Sumbawa (Lape, Moyohulu, Batulanteh, Buer, Orong Telu, Labangka, Terano, Utan, Labuhan Badas, Empang), Dompu (Pekat, Dompu, Manggalewa, Kempo, Hu’u, Pajo), Bima (Sape, Palibelo, Bolo, Woha, Wawo, Belo, Wera, Madapangga, Tambora, Langgudu, Soromandi, Donggo), dan Kota Bima (Raba, Asakota Kolo, Asakota Jatiwangi, Rasanae Timur).N

Sedangkan Dampak NTB saat masih berada di periode musim kemarau dan diprakirakan masih akan berlangsung hingga bulan November 2019.

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati – hati terhadap dampak yang ditimbulkan pada musim kemarau seperti kekeringan, kekurangan ketersediaan air bersih dan potensi kebakaran lahan di sebagian besar wilayah NTB, khususnya di daerah – daerah rawan kekeringan dan daerah dengan HTH >60 hari. Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar beradaptasi dengan mundurnya musim hujan di NTB pada tahun ini dengan menyesuaikan perencanaan kegiatan Anda ke depan dengan kondisi iklim yang ada.

Info lebih lanjut mengenai Informasi Iklim di Provinsi Nusa Tenggara Barat silahkan menghubungi , BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat, Telepon 0370-674134 dan fax 0370-674135, Whatsapp : 081917465601 Website: iklim.ntb.bmkg.go.id. Restu Patria M. & Imam Kurniawan BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat. Anr

Dasarian lll
Dasarian lll

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close