Dinas PMD Kabupaten Lombok Timur, Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa

Ampenan News. Dinas PMD Kabupaten Lombok Timur, gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Se Kabupaten.Lombok Timur. Acara yang digelar di MTs. Negeri 1 Gelang Lombok Timur tersebut, dibuka langsung Kepala Dinas PMD Kabupaten Lombok Timur Hj. Bq. Miftahil Wasli SE. M.Si, Kamis, (18/10)

Dalam sambutan sekaligus membuka acara Bimtek. Kepala PMD Kabupatem Lombok Timur Hj. Bq. Miftahul Wasli menyampaikan, kegiatan ini digelar tidak lain tujuannya sebagai wujud perhatian pemerintah atas kondisi Desa sebagai ujung tombak pengemban amanat pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten.

Lebih lanjut Hj. Bq. Miftahil Wasli SE. M.Si, berharap, dengan pelaksanaan Bimtek ini, para aparatur desa diharapkan semakin sigap dalam melaksanakan tugas di desa, selain itu aparat desa juga diharapkan, dapat menjalin kerjasama yang harmonis dengan pemerintah Kecamatan.

Bergulirnya UU Nomor : 6 tahun 2014 tentang desa, berimbas pada tugas dan tanggung jawab pemerintah desa yang semakin rumit dan komplek, hal ini perlu didukung SDM Aparatur yang melek tehnologi dan informasi tegasnya.

Menyinggung Perhatian Pemerintah Pusat terhadap pemerintah desa saat ini, Hj. Bq. Miftahil Wasli SE. M.Si, yang sebelumnya menjabat Kepala BPKAD Lombok Timur meyatakan, sangat menaruh perhatian besar kepada pemerintahan desa, bukan saja dari segi peningkatan anggaran, namun peningkatan kapasitas aparatur pun akan semakin ditingkatkan.

” Keberhasilan Penggunaan dana Desa ungkap Hj. Bq. Miftahil Wasli SE. M.Si,, harus memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat. untuk itu Dana Desa (DD) hendaknya bisa meningkatkan kwalitas hidup, meningkatkan kesejahteraan, bisa menanggulangi kemiskinan dan peningkatan pelayanan Publik” jelasnya.

Dari Tahun ke tahun Alokasi Dana Desa di Kabupaten Lombok Timur, terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan. tahun 2019 Lombok Timur merupakan realisasi yang tercepat dibandingkan dengan Kabupaten-kabupaten lain di NTB. dari alokasi sebesar Rp. 307.330.344.000.- realisasi semester I dan II sudah mencapai 100% atau sebesar Rp. 184.398.206.400.- sedangkan Triwulan ke III baru mencapai 63 % atau sebesar Rp. 76.936.681.200.-

Untuk itu harapnya manfaatkan dan ikuti Bimtek ini dengan sebaik-baiknya dalam rangka peningkatan kapasitan aparatur pemerintah di Desa.

Kepala Bidang PKD Dinas PMD Kab.Lombok Timur, Lukman Hakim dalam laporannya menyampikan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa mengamanahkan, seluruh aparatur desa berhak mendapatkan kapasitas. untuk itulah kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan pemahaman aparatur desa.

“Jumlah Desa yang mengikuti Bimtek ini sebanyak 120 desa dan masing-masing desa diundang dua orang, sehingga jumlah keseluruhanya berjumlah 240 orang ditambah 21 orang dari Pemerintah Kecamatan.

Pelaksanan kegiatan ini dilaksanakan dalam 4 angkatan yang dimulai dari tanggal 17 Oktober sampai dengan 28 Oktober 2019 atau selama 12 hari. yang menjadi sasaran adalah perangkat desa yang baru diangkat. An001.

Bagikan :

avatar

Baca Juga :

Close