Belum Ada Bukti, Klaim Prabowo Subianto bahwa Ada RS di Atambua Hanya Dilayani Satu Dokter
Terjemahan

AmpenanNews. Prabowo Subianto mengatakan bahwa di Atambua ada RS yang seharusnya 16 dokter tapi hanya dilayani 1 dokter. Dokter tersebut harus melayani tiga kabupaten.

“Datanya jelas kita kekurangan 140 ribu dokter, di Atambua ada satu rumah sakit harusnya ada 16 dokter, ini dokternya hanya 1 orang, dia harus melayani 3 kabupaten, bagaimanapun pemerintah harus ambil tindakan yang darurat dan menurut kami kita harus ambil langkah berani.” kata Prabowo dalam Debat Capres Pemilu 2024 yang digelar KPU, Minggu, 4 Februari 2024.

Benarkah klaim itu?
Cek faktanya

Prabowo tidak secara spesifik menyebut nama rumah sakit yang hanya memiliki satu dokter di Atambua. Padahal menurut NTT Media Ekspress, saat ini ada lima rumah sakit di Atambua, Nusa Tenggara Timur yakni  RSUD Mgr. Gabriel Manek, RS Katolik Marianum Halilulik, RSU Sito Husada, RS Sumber Kasih Sejati, dan Rumah Sakit Bantuan Milik TNI AD.

Baca Juga :  Posyandu Keluarga Dukung Arah Pembangunan Desa Menuju SDGs

Seluruh rumah sakit itu memiliki lebih dari 1 satu dokter. Data Kementrian Kesehatan menyebutkan, di RSUD Mgr.Gabriel Manek terdapat 11 dokter umum, 1 dokter gigi, 3 spesialis penyakit dalam, 3 kesehatan anak, 3 spesialis bedah, 2 spesialis obstetri dan ginekologi.

Dilansir laman RS Marianum Halilulik, pada tahun 2023 terdapat 2 dokter spesialis anak, 1 dokter obgyn, 1 dokter bedah, 4 dokter umum, dan 1 dokter spesialis penyakit dalam.
RSU Sito Husada terdapat 9 dokter spesialis dan 7 dokter umum. Sedangkan RS Sumber Kasih Sejati punya 8 dokter umum, 2 dokter gigi, dan sejumlah dokter spesialis lainnya.

Terakhir untuk Rumah Sakit Bantuan milik TNI AD adalah tergolong rumah sakit tipe D. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomo 24 Tahun 2014 tentang Rumah Sakit Kelas D Pratama,  minimal harus memiliki 4 (empat) orang dokter umum dan 1 (satu) orang dokter gigi yang mempunyai surat izin praktik di rumah sakit tersebut.

Baca Juga :  Peletakan Batu Pertama Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Provinsi NTB

Kedimpulanya adalah berdasarkan hasil pemeriksaan Fakta Tim Cek Fakta Tempo, klaim Prabowo bahwa di Atambua ada RS yang seharusnya 16 dokter tapi hanya dilayani 1 dokter adalahbelum ada bukti.

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa di  RSUD Mgr.Gabriel Manek terdapat 23 dokter, RS Marianum Halilulik 9 dokter, di RS Sito Husada terdapat 16 dokter, baik umum maupun spesialis.

**Punya informasi atau klaim yang ingin Anda cek faktanya? Hubungi ChatBot kami. Anda juga bisa melayangkan kritik, keberatan, atau masukan untuk artikel Cek Fakta ini melalui email cekfakta@tempo.co.id

Artikel ini adalah hasil kolaborasi Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia, Cekfakta.com bersama 16 media dan 7 panel ahli di Indonesia

Baca Juga :  Dispar Lobar Gaungkan #AyoKembaliKeSenggigi, Sekda Baehaqi Rela Angkat Sampah

Sumber : https://cekfakta.com/focus/15843

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments