Optimalkan PAD Lotim, Bapenda Berlakukan Syarat Khusus Truck Pengangkut MBLB
Terjemahan

AmpenanNews. Optimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB). Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) akan memberlakukan syarat khusus bagi truck pengangkut MBLB yang akan keluar Kabupaten.

Pemberlakuan syarat khusus bagi truck pengangkut MBLB dari Kabupaten Lombok Timur menuju Kabupaten lain di NTB tersebut akan di berlakukan pada Bulan Februari 2024.

Dijelaskan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pajak Daerah Lainnya, Muzammil Hadi, S.STP. MH, nantinya semua truck pengangkut material MBLB yang akan keluar kabupaten wajib menunjukan bukti pajak MBLB di pos pemeriksaan di perbatasan, jika tidak bisa menunjukan bukti pajak MBLB yang dibawanya maka akan di minta untuk putar balik.

Baca Juga :  Kembangkan Pariwisata, Kadispar NTB Punya Terobosan Baru

“Setiap dum truck yang bermuatan MBLB harus membawa bukti pajaknya atau kuasi yang telah diterima dari Bapenda, karen setiap MBLB yang akan di bawa keluar Kabupaten akan selalu di cek bukti pajaknya di pintu keluar perbatasan, ” ucap Muzammil Hadi, kepada media ini, Kamis (18/1/2024).

Upaya ketat seperti itu dilakukan Bapenda tidak lain agar perusahaan tambang taat wajib pajak.

Muzammil Hadi, juga menjelaskan pada Bulan Februari mendatang, terhadap pungutan pajak MBLB itu akan secara langsung di tarik di mulut tambang oleh Bapenda, juga akan tetap memberlakukan pemeriksaan pajak MBLB di pos perbatasan Kabupaten.

” Oleh karena itu antara petugas pajak yang ada di mulut tambang dan petugas yang ada di pos jaga perbatasan Kabupaten akan tetap berjalan bergandengan, kenapa demikian karena kalau di perbatasan kita longgarkan maka akan banyak terjadi kebocoran pajak, begitu juga sebaliknya, maka dari itu penting adanya sinkronisasi antara petugas yang ada di pos dan yang ada di mulut tambang,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Tekankan Beberapa Poin Penting Dalam Rapat Koordinasi

Sementara itu adapun langkah awal yang sedang di lakukan oleh Bapenda terhadap beberapa aturan yang akan di berlakukan pada bulan Februari. saat ini Bapenda tengah intens melakukan sosialisasi kepada seluruh perusahaan tambang yang ada di Lotim maupun kepada sopir truck yang akan memuat material MBLB.

” Saat ini kami tengah intens melakukan sosialisasi ke semua penambang yang ada di Kabupaten Lombok timur dan juga kepada sopir truck pengangkut MBLB,” ucap singkatnya.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments