Musda ke 8 Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kabupaten Lombok Timur
Terjemahan

AmpenanNews. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Lombok Timur melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) ke-8. Musda PPNI dilaksanakan di tingkat kabupaten/ kota setiap 5 tahun sekali.

Kegiatan ini sebagai bagian dari pertanggungjawaban Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Kabupaten Lombok Timur periode 2017-2022. Musda berlangsung di Aula Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Lenek Lombok Timur, Sabtu (13/8).

Tema Musda ke-8 ini adalah “Perawat Melayani  Rakyat, Kokoh bersinergi dengan Pemerintah Untuk Kabupaten Lombok Timur”.

Laporan pertanggung jawaban pengurus  dihadiri Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy, ketua DPW PPNI Provinsi NTB  H. Muhir. Hadir pula PPNI Pengurus Pusat, PPNI Daerah dan Seluruh DPD PPNI Kabupaten Lombok Timur.

Baca Juga :  Kabid Cipta Karya PUPR Lotim Menjadi Saksi Pembangunan Pasar Sambelia

Pada kesempatan tersebut Bupati  Sukiman Azmy menyampaikan selamat kepada PPNI Lotim yang telah mengadakan musda ke-8. Ia  menyampaikan bahwa IPM  Kabupaten Lombok Timur pada tahun 2018 berada pada posisi nomor urut sembilan dari sepuluh Kabupaten/Kota di Provinsi NTB. Akan tetapi dengan mengoptimalkan ikhtiar di tengah pembangunan pasca gempa, dan pandemi covid-19 yang menguras tenaga dan anggaran Pemerintah, Kabupaten Lombok Timur dapat menaikkan IPM menjadi nomor urut delapan.

Bupati melanjutkan, dua hal yang perlu di perhatikan oleh DPD PPNI Kabupaten Lombok Timur yakni tingginya angka kematian ibu dan anak yang masih menjadi problematika di Kabupaten Lombok Timur.

Dilihat dari aspek sarana dan prasarana Kabupaten Lombok Timur memiliki 4 Rumah Sakit Daerah, 36 Puskesmas, 81 Pustu dan 254 polindes tentunya akan memudahkan menekan angka kematian ibu dan anak. Namun dalam pelaksanaannya di lapangan  perawat maupun bidan yang menangani kurang koordinasi dan koneksi dengan Puskesmas dan dokter spesialis,  begitupun sebaliknya. Sehingga menyebabkan angka kematian ibu dan anak relatif cukup besar dan berdampak kepada Angka Harapan Hidup. Jika tidak segera ditangani dengan sebaik-baiknya akan berdampak kepada IPM Kabupaten Lombok Timur di masa mendatang.

Baca Juga :  Kadikes: 35 PKM Sudah Terima Insentif Nakes

Kurangnya koordinasi dan keterhubungan tenaga kesehatan, jelas Bupati, akan diminimalisi dengan menempatkan tenaga kesehatan sesuai  disiplin ilmunya.

Kepada tenaga kesehatan senior yang telah lama mengabdikan diri menjadi tenaga kesehatan dan telah mampu diharapkan Bupati dapat mendirikan klinik sekaligus sebagai upaya memberdayakan tenaga kesehatan yang masih minim pengalaman.

Hal tersebut diharapkan pula dapat menyerap lulusan perawat di Kabupaten Lombok Timur, yang menurut Bupati jumlahnya berbanding terbalik dengan lapangan pekerjaan yang ada.

 


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments