Ketua KNPI NTB: Kurangi Diskusi, Perbanyak Aksi

Mataram – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) NTB memiliki Ketua Umum baru, yakni H. Baihaqi S.T., setelah dilantik oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) KNPI, pada Rabu, 3 Agustus 2022 di Hotel Prime Park, Mataram.

Setelah dilantik menjadi Ketua Umum KNPI NTB periode 2022 hingga 2025, Baihaqi berencana menggaungkan visi activist preneur. Sebab, hal tersebut, dinilai sebagai solusi dari masalah yang kini terjadi di lapangan.

Sesaat setelah dilantik, Baihaqi mengatakan bakal mengelaborasi nilai-nilai aktivisme dan enterpreneurship menjadi satu.

“Kami tidak boleh terlalu banyak berdiskusi. Kami memerlukan aksi-aksi nyata yang konkret, meliputi aksi kecil hingga besar,” ungkap Baihaqi, ditemui NTB Satu di Prime Park Hotel, Mataram, setelah dilantik menjadi Ketua KNPI NTB, Rabu, 3 Agustus 2022.

Untuk setiap aktivis-aktivis yang ingin menyalurkan potensi melalui bidang hukum, politik, sosial dan lain-lain, akan tetap didukung oleh KNPI NTB. Namun, perlu diketahui, bahwa saat ini KNPI NTB memiliki sudut pandang yang baru, yakni menyisipkan nilai-nilai ekonomi agar makin menguatkan kemampuan fundamental untuk menuju langkah-langkah politik berikutnya.

Dalam acara pelantikan Ketua Umum periode 2022 hingga 2025, KNPI NTB mengeluarkan tema Rejuvenasi Pemuda di Era Industrialiasi. Menurut Baihaqi, rejuvenasi menjadi penting agar masyarakat makin meremajakan pikirannya.

“Hal tersebut dapat mendukung era industrialisasi yang sudah makin selaras dengan program Pemerintah Provinsi NTB yang dapat dielaborasi dengan visi activist preneur,” terang Baihaqi.

Ketua Umum DPP KNPI, Muhammad Ryano Panjaitan mengatakan, karena telah dilantik ketua yang baru, seluruh perangkat KNPI NTB dapat berjalan dengan semestinya. Setelah melantik Ketua KNPI NTB, Ryano berharap agar para aktivis tidak terjebak pada wacana retorika semata, melainkan mengerjakan hal-hal konkret.

“Hal tersebut dapat dilaksanakan dengan cara KNPI yang berdikari secara ekonomi, serta mengedepankan kesejahteraan, terutama bagi masyarakat luas,” ungkap Ryano, ditemui NTB Satu di Prime Park Hotel, Mataram, setelah melantik Ketua KNPI NTB, Rabu, 3 Agustus 2022.

Kepada pengurus baru, Ryano berpesan agar jangan hanya sekadar tarik-menarik kepentingan. Sebab, hal tersebut dapat membuat Indonesia tertinggal dengan negara lain. Pemuda tidak boleh hanya sekadar menjadi penonton, kreativitas yang ada pada dalam diri, harus dikembangkan.

“Kepada ketua yang baru, saya berharap agar makin akseleratif, terukur dan terstruktur dalam bergerak, serta solid sebagai orang yang menghimpun anak muda,” tandas Ryano.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah S.E., M.Sc., yang turut memberikan sambutan pada acara pelantikan tersebut mengatakan, pemuda memiliki peranan penting untuk menjadi garda terdepan dalam perubahan sosial. Menurut Zulkieflimansyah, sebuah perubahan yang diinisiasi oleh pemuda, cenderung lebih mudah.

“Kalau pemuda mempunyai gagasan yang bagus, perubahan tersebut tidak akan memakan waktu lama,” ungkap Zulkieflimansyah.

Menyinggung soal tema pelantikan Ketua Umum KNPI NTB, Zulkieflimansyah turut memuji. Pasalnya, industrialisasi tidak identik dengan pasar besar, dan pabrik-pabrik besar. Industrialisasi adalah tuntutan keadaan karena masyarakat NTB tidak mungkin selalu sejahtera oleh pertanian tradisional belaka. Sebuah komunitas tidak akan pernah stabil tanpa industrialisasi.

“Kehadiran banyak pengusaha di KNPI akan memberi warna baru di NTB. Semoga, hal tersebut dapat memantik perubahan cara pandang,” pungkas Zulkieflimansyah.

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
Close
Close