Kabid PPKLH Kondisi Air Tanah Lotim Kurang Baik Berdasarkan Laporan LIKPLH

AmpenanNews Kepala Bidang (Kabid) Panaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (PPKLH) pada Dinas Lingkungan Hidup Kab Lotim Makripatullah, menyebutkan berdasarkan dokumen Laporan Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup (LIKPLH) Daerah Kabupaten Lombok Timur Tahun 2021, diketahui bahwa kondisi air tanah di Kabupaten Lombok Timur masih memiliki kondisi yang kurang baik.

Dijelaskan oleh Makripatullah, pada tahun 2021 lalu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama dengan Dinas Kesehatan (Dikes) Lotim, pernah membuat dokumen informasi kinerja terkait dengan pengelolaan lingkungan hidup Daerah Kabupaten Lombok Timur. Dari dokumen informasi tersebut diketahui bahwa dua sungai yang menjadi objek pengawasan mengalami pencemaran ringan dan kondisi air tanah juga masih didominasi oleh pencemaran bakteri E Coli.

“Kualitas air di Kab Lotim masih memiliki kondisi yang kurang baik, dua sungai yang diawasi mengalami pencemaran ringan, kondisi air tanah di Kab Lotim juga masih didominasi oleh pencemaran bakteri koli” ucap Kepala Bidang (Kabid) PPKLH Kab.Lotim, Makripatullah, saat ditemui media ini diruang kerjanya Rabu (15/6/2022).

Masih kata Makripatullah, adapun upaya yang dilakukan oleh Pemda Lotim melalui Dinas Lingkungan hidup bersama dengan dinas kesehatan, terus melakukan pemantuan terhadap kualitas lingkungan ini melalui sanitarian yang ada dengan inveksi sanitasi.

“Gambaran lingkungan hidup Kab Lotim Tahun 2021 lalu kita akui memiliki kondisi baik lahan, air, udara dan persampahan diwilayah perkotaan masih harus dilakukan perbaikan kualitas dan pengelolaan terpadu agar dapat melestarikan lingkungan hidup yang berkelanjutan” ulasnya.

Dalam rangka perbaikan kualitas lingkungan hidup agar tercapai pengelolaan lingkungan secara terpadu maka dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

“Terkait dengan hasil Laporan Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup (LIKPLH) Daerah Kabupaten Lombok Timur Tahun 2021 itu sudah kami kirim ke Kementerian Lingkungan Hidup yang ada dipusat. kami berharapan rencana program peningkatan kapasitas lingkungan hidup di Kab Lotim ini semoga mendapat perhatian serius dari dana DAK” singkatnya.

Sementara itu ditempat terpusah, pada saat media ini mencoba mengkonfirmasi Dinas Kesehatan (Dikes) Lotim tekait dengan mendominasinya pencemaran bakteri E Coli pada air tanah di Kab Lotim berdasarkan data Laporan Informasi Tahun 2021 tersebut. Dikes Lotim, tidak banyak memberikan jawaban.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur H. Fathurrahman, M.Kes, “Kalau untuk diminum sebaiknya dimasak dulu” ucap singkatnya melalui pesan WA, Kamis (16/6/2022).

 

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close