Pengukuhan Sekber Satuan Pendidikan Bencana Kabupaten Lombok Timur
Terjemahan

AmpenanNews. Pengelola Sekretariat Bersama (Sekber) Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Kabupaten Lombok Timur (Kab Lotim) dikukuhkan pada, Rabu (13/4).

Dalam sambutannya Bupati Kab Lotim yang di wakili Sekretaris Daerah (Sekda) HM.Juaini Taofik, menyampaikan pentingnya komunikasi, penguatan kapasitas dan koordinasi dalam upaya mewujudkan SPAB. Bencana disebutnya tidak pernah diharapkan, akan tetapi harus diantisipasi, pada tataran tersebutlah komunikasi dan koordinasi, serta penguatan kapasitas itu dibutuhkan.

Sekda menyebut yang mampu mengantisipasi sebagai yang akan selamat ketika sebuah bencana terjadi.

Diingatkannya pula bahwa SPAB yang lahir pada masa pandemi covid-19 tidak hanya menyangkut bencana non alam tersebut, melainkan juga bencana lainnya. Hal tersebut mengingat Lombok Timur merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi bencana lengkap, mulai dari banjir, gempa bumi, kebakaran, hingga angin putting beliung, kendati indeks kebencanaan termasuk pada kategori sedang (128,05).

Baca Juga :  Penyerahan SK ASN Jabatan Fungsional PPPK Tenaga Teknis

Lanjut Sekda, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur Ahmad Dewanto Hadi, menyebut potensi bencana tersebut harus disikapi secara organisatoris dan kelembagaan. Ia menegaskan pula keberadaan Sekber akan dikembangan untuk penanganan bencana lain.

Sementara itu ketua Sekretariat Bersama SPAB Provinsi NTB Yuda Purwaka, dalam acara yang dirangkaikan dengan Penyerahan Dokumen Rekomendasi Kebijakan Penanganan Covid-19 di Sektor Pendidikan Kabupaten Lombok Timur tersebut menyebut, keberadaan Sekber SPAB sebagai upaya menyiapkan generasi yang siap selamat.

Ia berharap Sekber SPAB sebagai implementasi Permendikbud No.33 tahun 2019, dapat berkegiatan dengan memaksimalkan potensi yang ada.

Sekber SPAB ini melibatkan berbagai OPD, organisasi Wanita, Media, Forum Anak, Perguruan Tinggi, PMI, SAR, ACT, dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) sebagai fasilitator.

Baca Juga :  Bupati Lombok Timu Terima Sertifikasi Eliminasi Malaria

 


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments