Unram Sosialisasikan Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa
Terjemahan

AmpenanNews. Universitas Mataram (Unram) gelar sosialisasi Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) delapan bidang yaitu PKM Penelitian Eksakta dan PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PE & PKM-PSH) , PKM-R (Riset), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) ,PKM-PM, PKM Teknologi (PKM-T) , PKM-PI (Penerapan IPTEK), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), PKM Gagasan Futuristik Kontekstual (PKM-GFK).

Kegiatan sosialisasi yang dibuka oleh
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unram Prof. Enny Yuliani,tersebut
dilakukan secara hybrid dan offline, untuk offlinr dilaksanakan di ruang sidang utama Gedung Rektorat Unram dan secara online melalui zoom meeting, Jumat (11/3/2022) kemaren.

Pada kesempatan tersebut Wakil REktor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unram Prof.Enny Yuliani, menyampaikan bahwa PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di bawah pengelolaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.

Baca Juga :  Presiden Singgung Proses Sengketa Lahan KEK Mandalika

,”Besar harapan kami seluruh pihak yang berjuang dalam PKM untuk tetap semangat dan persiapkan diri agar pelaksanaan PKM 2022 dapat berjalan dengan baik dan meraih prestasi yang maksimal” Katanya sambil menyemangati mahasiwa untuk berjuang mengikuti PKM.

Didalam sosialisasi tersebut, Kepala Subdirektorat Kreativitas Mahasiswa Universitas Gajah Mada ,Suherman, S.Si., M.Sc., Ph.D., didapuk sebagai narasumber.

Suherman, menyampaikan bahwa pada tahun 2021 lalu 69,2% dari 54.746 proposal Dikti tidak lolos tahap 1 yaitu format penulisan.

,“Hal ini berarti jika penulisan format proposal bagus maka mahasiswa mampu mengalahkan hampir 70% pesaing,”ungkapnya.

Ia juga menjelaskan beberapa perubahan antara PKM tahun lalu dengan tahun ini.

,“Terdapat perbedaan antara pelaksanaan PKM tahun 2021 dengan tahun 2022. Jika pelaksanaan PKM tahun lalu menggunakan konsep PKM Blended (Daring dan Luring), maka tahun ini diubah menjadi Full Luring,”katanya.

Baca Juga :  Gempa Bumi Tektonik Terasa Di Mataram Dan Karang Asem Bali

Selain dihadiri oleh mahasiswa, sosialisasi juga diikuti oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas di lingkup Unram, Pengelola PKM, Dosen pembimbing dan Mahasiswa.

Setelah presentasi materi oleh narasumber, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan sosialisasi pedoman PKM ini berjalan dengan lancar dan kemudian ditutup dengan foto bersama.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments