Ditpamobvit Polda NTB Gelar Latgab Pra Musim MotoGP 2022
Terjemahan

AmpenanNews. Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) menggelar latihan gabungan (Latgab) peningkatan kemampuan pam event, Pra Musim dan Race MotoGP Mandalika 2022.

Dalam latihan gabungan itu diikuti oleh anggota polisi dari Dit Intelkam, Ditlantas dan Brimobda Polda NTB, bertempat di lapangan Bhara Daksa Mapolda Nusa Tenggara Barat.

Untuk Latgab kali ini sendiri berlangsung selama empat hari, mulai hari Senin tanggal 24 hingga Kamis 27 Januari 2022.

Melalui Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto SIK M.Si., pada hari Senin (31/1/2022) mengatakan, salah satu upaya Polda NTB menyukseskan event MotoGP Mandalika Maret mendatang yakni dengan memantapkan personel yang akan bertugas melakukan pengamanan dan pengawalan saat MotoGP Mandalika mulai digelar, baik Pra Musim atau Race nanti.

Baca Juga :  Polda NTB Beri Bantuan. Bupati Berencana Bangun Jembatan

“Senin hingga Kamis kemarin sejumlah personel kepolisian dilatih ketangkasan dan kemampuannya untuk mengamankan Event MotoGP di Sirkuit Mandalika, dalam latihan gabungan tiga Satker Polda NTB yakni Dit Intelkam, Ditlantas dan Brimobda,” jelasnya.

Kombes Pol. Artanto menjelaskan pula rangkaian kegiatan dalam latihan gabungan itu meliputi, kemampuan taktik dan teknis Walpri, kemampuan pemeriksaan menggunakan Metal Detektor, kemampuan mengoperasikan X-ray dan Secdoor, kemampuan taktik dan teknis Deteksi Ancaman, kemampuan taktik dan teknis Rekayasa Lalu Lintas dan kemampuan sterilisasi.

Untuk peserta yang ikut dalam Latgab itu berjumlah 64 orang, 49 orang dari Ditpamobvit, 5 orang dari Dit Intelkam, 5 orang dari Ditlantas dan 5 orang dari Sat Brimobda Polda NTB.

Baca Juga :  Pembentangan Merah Putih di Bukit 360 Sirkuit Mandalika dari Bukit Seger

Sedangkan sarana dan prasarana yang diterjunkan dalam Latgab itu antaranya, Kendaraan R4 3 unit, Alsus X-ray 1 unit, Alsus Secdoor 3 unit dan Metal Detektor 8 unit.

Dari hasil yang ingin dicapai dalam Latgab itu, Personel memiliki kemampuan sebagai Walpri, Rekayasa atau penyekatan arus lalu lintas, deteksi dini potensi ancaman yang terjadi dan Kemampuan mengoperasikan peralatan deteksi logam X-ray, Secdoor, metal dan detektor.

Kemudian personel dapat berkolaborasi dan sinergitas dalam melaksanakan tugas pengamanan event pra musim MotoGP dan dapat memahami tata cara penggunaan/ operasional peralatan khusus X-Ray dan Secdoor sehingga siap ditugaskan pada saat penggelaran event.

“Alhamdulillah Latgab berjalan lancar, tujuan pelatihan tercapai, dan yang paling penting lagi, petugas sudah siap menjalankan tugas pengamanan MotoGP baik Pra Musim atau saat Race nanti,” pungkasnya.

Baca Juga :  Polres Lobar Kedepankan Tindakan Preventif dan Humanis dalam Operasi Paruh Gatarin 2020

 


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments