Bupati Lotim Apresiasi Penanaman Mangrove oleh PPM sebagai bagian dari GSPN
Terjemahan

AmpenanNews. Hutan mangrove atau bakau memiliki peran penting melindungi pantai dari abrasi, sekaligus mendukung kelestarian laut yang menjadi sumber kehidupan bagi para nelayan. Potensi besar yang dimiliki hutan mangrove, baik dalam sektor ekonomi maupun kelestarian lingkungan hidup sudah selayaknya didukung oleh masyarakat dan elemen lainnya.

Karena itu, penanaman bibit bakau yang diinisiasi Pemuda Panca Marga (PPM) sebagai bagian dari Gerakan Penanama Sejuta Pohon Nasional (GSPN) di kawasan Gili Petagan, Sambelia, mendapat apresiasiBupati Lombok Timur, dalam pencanangan kegiatan yang berlangsung Sabtu (12/2) tersebut mengaku sepakat bahwa bakau yang ditanam hari ini akan dinikmati oleh generasi berikutnya. Diakuinya penanaman tersebut akan memberikan keberlangsungan hidup bagi makhluk-makhluk laut lainnya, seperti ikan, kepiting dan lobster. Bupati berharap apa yang dilakukan PPM ini dapat diikuti dan dilanjutkan oleh organiasi kemasyarakatan lainnya.

Baca Juga :  Penyampaian Raperda APBD 2023 oleh Bupati Lombok Timur

Sejalan dengan tema HUT PPM ke-41 “Dengan Semangat Tri Dharma Bhakti Pemuda Panca Marga yaitu Patriotisme, Idealisme, dan Solidaritas Pemuda Panca Marga Bertekad Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa,” Bupati berpesan kepada seluruh anggota PPM Lombok Timur agar melakukan konsolidasi organisasi. Konsolidasi dinilai penting untuk menguatkan peran dan keberadaan organisasi.

Selain konsolidasi, koordinasi juga penting untuk diversifikasi program. Bupati meminta PPM Lombok Timur berkoordinasi dengan OPD terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk pelestarian nilai-nilai dan semangat juang ’45 sebagai salah satu tujuan keberadaan PPM. Upaya tersebut diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk lebih banyak melakukan kegiatan positif, di tengah banyaknya sorotan negatif terhadap pergaulan generasi muda saat ini. Apalagi, sebut Bupati, generasi muda saat ini banyak pula yang tidak hafal lagu Indonesia Raya dan Pancasila. “Anak-anak kita belum bisa mengaplikasikan apa yang sudah dilakukan oleh para senior, anggota veteran yang berjuang tanpa pamrih,” ujar Bupati.

Baca Juga :  Unram Gelar Sosialisasi Kurikulum MBKM dan Hibah KSKI

Masih terkait prilaku, Bupati juga berpesan agar masyarakat bijak dalam memanfaatkan media, terutama media sosial.

Pada pencanangan yang merupakan rangkaian HUT PPM ke-41 tersebut Bupati Sukiman juga menyampaikan kondisi Lombok Timur di tengah pandemi covid-19 yang kini terimbas menyebarnya varian omicron. Karena itu Bupati mengimbau agar masyarakat tetap menegakkan protokol kesehatan dan membatasi aktivitas.

Selain penanaman bibit pohon bakau di pantai Gili Petagan oleh ketua Pengurus Pusat PPM dan jajaran pengurus lainnya, juga TNI Polri acara tersebut dirangkaikan pula kegiatan Donor Darah Nasional.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments