Bupati Menyambut Baik kehadiran Ruang Temu Generasi Sehat (Rutgers) Indonesia
Terjemahan

AmpenanNews. Bupati Kabupaten Lombok Timur H.M.Sukiman Azmy, menyambut baik kehadiran Ruang Temu generasi Sehat (Rutgers) Indonesia.

Melalui Program Power to You(th). Bupati menyebut Program tersebut sebagai upaya mendorong perempuan terutama anak-anak perempuan di Lombok Timur terhindar dari kekerasan dan praktik-praktik berbahaya, baik bagi fisik maupun mental mereka.

Bupati bahkan berkomitmen untuk memberikan dana pendampingan bagi pengembangan program. Hal tersebut disampaikan pada Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dengan Rutgers Indonesia dalam Implementasi Program Power to You(th) di Kabupaten Lombok Timur, yang berlangsung Rabu (29/9).

Pada kegiatan yang berlangsung di Rupatama 1 Kantor Bupati Lombok Timur ini juga sempat dibuka sejumlah angka kekerasan, termasuk perkawinan usia anak yang juga menjadi bagian dari kekerasan terhadap anak perempuan di Lombok Timur.

Baca Juga :  Lentera Aksara Tetap Tingkatkan Minat Baca Anak Ditengah Pandemi

Pada poin tersebut, Bupati berharap angka-angka yang tersedia merupakan angka ril, sebab menurutnya kasus kekerasan memiliki banyak faktor yang kerap menyebabkan korban, bahkan keluarga tidak melapor, “Terlebih bila telah masuk ranah Rumah Tangga. Bisa jadi kasus yang ada di masyarakat jauh lebih banyak.” ungkapnya.

Ia berharap program tersebut nantinya dapat diadopsi dan disebarluaskan ke desa lain di dua Kecamatan yang menjadi lokus pada kurun waktu lima tahun itu.

“Bila perlu nantinya menyebar ke seluruh desa di Lombok Timur lanjuynya, upaya ini mendukung percepatan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang menjadi salah satu fokus Pemda”

Sebelumnya Country Head Rutgers Indonesia, Amala Rahm, menyampaikan bahwa program Power to You(th) yang dilaksanakan di Kabupaten Lombok Timur akan membantu pencapaian target Pemerintah yang terkait dengan penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Baca Juga :  Kasus Baru Postif Covid-19 Lotim Kembali Memerah

Ia optimis pencapaian Lombok Timur akan melebihi daerah lain yang sebelumnya telah didampingi pihaknya, sebab Lombok Timur telah memiliki regulasi yang mendukung, sehingga pendampingan ini nantinya akan memperkuat upaya-upaya Pemda.

Program Power to You(th) akan dilaksanakan di dua empat desa di dua Kecamatan yaitu Desa Jerowaru dan Paremas (kecamatan Jerowaru) serta Desa Menceh dan Greneng Timur (kecamatan Sakra Timur).

Fokus utama Program Power to You(th) adalah Perkawinan Anak, Kekerasan Berbasis Gender dan KehamilanRemaja.

Kegiatan ini dihadiri kepala Dinas P3AKB, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan, kepala Bappeda, Camat dan Kepala Desa lokus kegiatan, serta Kepala Puskemas dan UPT P3AKB Lombok Timur.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments