Kolonel Arm Gunawan sebagai Dandim Pertama di Kodim 1606 Mataram

AmpenanNews. Setelah Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Lombok Barat berganti nama menjadi Kodim 1606 Mataram. Perubahan nama tersebut diresmikan oleh Danrem 162 Wira Bhakti, Brigjen TNI, Ahmad Rizal Ramdhani didampingi Dandim 1606 Mataram, Kolonel Arm Gunawan S.Sos., M.T, Walikota Mataram, sejumlah Kapolres, serta pejabat lintas sektoral.

Danrem 162/WB menjelaskan, perubahan nama tersebut sudah disetujui Kasad, melalui Kodam Xl Udayana. Semua Kodim menggunakan nama kota masing-masing. Memang Kodim ini selama 37 tahun bernama Lombok Barat, tapi karena Makodim berlokasi di Mataram, jadinya Kodim 1606 Mataram.

Dengan perubahan nama tersebut, nama baru ini bisa tersosialisaikan dengan baik kepada masyarakat. Namun tentunya diiringi dengan pelayanan yang lebih baik lagi.

“Setelah perubahan nama ini, kami juga menunggu jika Lombok Barat dan Lombok Utara segera mengusulkan pembentukan Kodim di masing-masing daerah. Nah, untuk Lombok Utara sendiri sudah ada rencana. Lahannya juga sudah ada. Tapi karena sedang pandemi, akhirnya ditunda,” cetusnya.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 1606, Kolonel Arm Gunawan S.Sos., M.T berharap, dengan adanya perubahan nama ini, bisa menjadikan kinerja jajarannya lebih optimal.

“Secara strategis sudah dipertimbangkan untuk perubahan nama ini dengan rencana pembentukan kodim lainnya, seperti Kodim Lotara. Anggaran dan lahannya sudah ada, namun pelaksanaan pembanguanan tertunda dengan pandemi. Lobar juga silakan ajukan,” ajaknya.

Kolonel Gunawan menambahkan, Kodim 1606 Mataram masih menaungi tiga wilayah. Yakni Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara. Tugas yang diembannya tersebut akan terus berjalan sampai nantinya terbentuk Kodim di kedua wilayah tersebut.

“Ya sama dengan melati di pundak saya ada tiga, jadi tugas saya di tiga daerah,” tegasnya

Gunawan juga menyebutkan, selama proses perubahan telah melewati beberapa fase seperti penggalian sejarah bangunan Kodim 1606/Lobar bersama komunitas-komunitas yang terlibat seperti Komunitas Lombok Hertige society, yang didukung oleh stake holder lain seperti Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BRI serta pihak lainnya.

Hasil penggalian sejarah ini kemudian dituangkan kedalam bentuk pemeran yang bertema “Dari Titik Nol Kodim 1606/Mataram menggapai Masa Depan” yang digelar pada 18-20 Juni 2021.

Bukan hanya itu, Sementara Walikota Mataram, H Mohan Roliskana berharap, dengan perubahan nama Kodim 1606 Mataram ini berimplikasi kepada masyarakat secara umum.

“Kan sudah 37 tahun Kodim 1606 dipakai Lobar, ya sekarang giliran kita,” tutupnya

Tags
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close