Universitas Mataram Berpacu jadi Lembaga Pendidikan Tinggi Berbasis RBSI


AmpenanNews. Universitas Mataram akan terus berpacu mencapai visinya, menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Berbasis Riset Berdaya Saing Internasional tahun 2025. Demikian diungkapkan Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) Unram Agusdin, SE., MBA., DBA., Selasa (18/8), saat mewakili Rektor dalam sambutannya pada acara “Online Workshop Penulisan Artikel untuk Publikasi Internasional Bereputasi”, yang digelar Publication and Conference Management Center (PCMC) Unram.

“Tahun ini kita berhasil menaikkan peringkat menjadi ke-41 dari 2.136 perguruan tinggi di Indonesia,” ungkapnya.

Karenanya, kata Agusdin, kontribusi dari jurnal-jurnal bereputasi internasional dan publikasi-publikasi, sangat berpengaruh dalam menaikkan kinerja Unram.

Selain itu dia juga menuturkan, Unram memandang bahwa publikasi internasional sangat penting seiring rencana strategis Kemendikbud, yang menempatkan publikasi internasional sebagai salah satu indikator kinerja utama perguruan tinggi.

“Sehingga Unram sejak tahun lalu sudah memberikan apresiasi, dengan pemberian insentif kepada para dosen yang berkinerja bagus, yang bisa mempublikasikan jurnal pada jurnal internasional bereputasi,” tandasnya.

PCMC yang yang digelar selama dua hari dan diikuti oleh para dosen, peneliti, mahasiswa, pengelola jurnal, dan partisipan praktisi dari seluruh Indonesia tersebut, menghadirkan Dr. Salman Alfarisi, S.Sn., M.Sn. dari Sultan Idris Malaysia University, Dhiana Puspitawati, S.H., LL.M., Ph.D. dari Universitas Brawijaya, dan Dr. Dewi Satria Elimiana, M.Pd. dari Universitas Mataram sebagai narasumber.

Ketua PCMC Misbahudin, S.T., M.T. mengatakan bahwa PCMC didirikan akhir tahun 2019, bertujuan untuk meningkatkan jumlah publikasi internasional yang terindeks Scopus atau di Lab of Science, baik publikasi melalui jurnal maupun proceeding.

“Tujuan yang kedua adalah untuk meningkatkan akreditasi Shinta, jurnal-jurnal yang dikelola oleh Universitas Mataram yang sampai saat ini sudah ada 50 jurnal,” bebernya.

“Oleh karena itu kegiatan hari ini, bertujuan untuk memfasilitasi para dosen, para peneliti, khususnya para dosen dan peneliti Universitas Mataram, untuk bersama-sama meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi Internasional,” terangnya. Forta.


guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close