Danlanal Mataram Menerima Kunjungan Polairud NTB


AmpenanNews. Komandan Pangkalan Angkatan Laut ( Danlanal ) Mataram, Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., menerima kunjungan Dir Polair Polda NTB, Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga S.I.K, M.H.,  diruang tamu Mako Lanal Jl. Malomba, No. 02, Kec. Ampenan, Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat, dalam rangka menjalin silaturrahmi. Pada hari Senin (6/7)

Meningkatkan sinergitas TNI dan POLRI adalah salah satu tujuan pertemuan yang dilaksanakan antara dua Instansi yang berbeda namun satu diantaranya memiliki kesamaan yaitu fungsi keamanan dilaut.

Dengan diberlakukannya TSS saat ini di Selat Lombok maka pengawasan akan ditingkatkan oleh keduanya. Traffic Separation Scheme (TSS) Selat Lombok, resmi diberlakukan mulai satu Juli lalu yang bertujuan memberikan keamanan serta keselamatan bernavigasi kapal-kapal yang melintas di Selat Lombok.

Dir. Polairud dalam kunjungannya membawa serta Wadir Polair Polda NTB AKBP Sigit Hari Wibowo, S.Ik., M.H., Kasubdit Gakkum AKBP Timbul Pandapotan Sihotang, S.Ik., PS. Kasubdit Patroli Kompol Wendi Oktariansyah, S.Ik., Kasi Harkan Subdit Fasharkan Kompol Parlindungan Gultom, S.Sos., PS. Kasubbag Anev Bagbin Opsnal Kompol H. Haryo Wijaksono, S.H., PS. Kasi Si Sidik SBDT Gakkum AKP Wahidudin., PS. Kasubbag Renmin AKP Agustiawan, berterima kasih telah diberikan waktu untuk berkunjung disela – sela kesibukan Kolonel Laut (P) Suratun, S.H.

Danlanal Mataram dalam kesempatan ini sangat mengapresiasi atas kedatangan Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga S.I.K, M.H., ke Kesatuannya. Diawali dengan memperkenalkan Perwira Stafnya yang mendampingi pertemuan tersebut diantaranya Pjs.

Begitu juga, Palaksa Mayor Laut (KH) Awang Setyadi Bawana, S.H., Pjs. Pasops Kapten Laut (P) Nugraha Tri Buana Putra, S.S.T.Han., Paspotmar Mayor Laut (K/W) Ni Nyoman Arya Suciati, Pasaproga Mayor Laut (P) Sarjandi, Danden Pomal Mayor Laut (PM) Suhajar dan Komanda Kal Lembar II-7-17 Lettu Laut (P) Andi Maulana, S.S.T.Han.,

“Lanal Mataram dan Polair Polda NTB memiliki tugas dan tanggung jawab diwilayah yang sama yaitu perairan NTB. Tentunya Sinergitas dalam melaksanakan tugas keamanan dilaut sangat dibutuhkan. Bukan itu saja Operasi SAR menjadi tanggung jawab bersama, selain dari tugas BASARNAS yang kini telah berganti nama menjadi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP).” ujar Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., dalam pertemuan tersebut.

Beliau juga menambahkan bahwa antara TNI AL dan POLRI yang telah bersinergi ditingkat atas dalam segala bidang patut kita sampaikan kepada kejajaran unsur dibawah seperti POSAL/POSMAT, harus bersinergi dengan Polairud yang di daerah.

Begitu juga dalam menyikapi situasi dan kondisi saat ini, masih adanya nelayan yang mencari ikan dengan menggunakan bahan peledak atau Potasium, DanLanal berharap nantinya kita dilapangan dapat memberikan Edukasi kepada mereka, karena ini dapat merusak lingkungan.

Pada kesempatan yang amsalain Dir Polairud NTB, menyampaikan, dalam rangka mendukung pemerintah Provinsi Daerah Nusa Tenggara Barat, yang kunjungan wisata bahari cukup padat baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sebaiknya kita membentuk Unsur Gabungan di Laut antara TNI AL (Lanal Mataram dengan POLIRUD NTB) guna memberikan rasa nyaman dan aman kepada mereka yang datang.

“ Apalagi rencana akan digelarnya ajang Motor GP Mandalika tahun 2021 mendatang, maka tugas keamanan dan menjadi lebih berat, Lombok akan kedatangan sekitar ± 15.000 orang dari mancanegara, yang sudah disuguhi destinasi wisata bahar,i sehingga perlu adanya pengamanan Ekstra di perairan sekitar Mandalika”. Ungkap Dirpolairud Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga S.I.K, M.H., melalui siaran pers tertulis Pen Lanal Mataram, kepada media AN.


guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close