Jalur Pengaduan Bantuan Sosial Masyarakat Jika Ada Masalah


AmpenanNews. Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Pangan (BSP) Kementerian Sosial, merupakan Bantuan Sosial (Bansos) Non Tunai. Konsep penyaluran bansos, langsung melalui rekening Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Untuk itu, penerima manfaat harus memegang sendiri KKS (ATM) dan buku rekening. Apabila diduga dikuasi orang lain, segera buat pengaduan.

Bagaimana cara pengaduannya? Simak penjelasan Berikut.
Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, H. Akhasnul Khalik S.Sos., MH. yang dikonfirmasi, isu dugaan penyalahgunaan bansos PKH mengiringi progress Bansos Non Tunai. Bahkan tidak tanggung-tanggung beberapa waktu lalu ada oknum Sumber daya Manusia (SDM) Pelaksana PKH dijebloskan ke Penjara karena diduga menyalahi aturan.

Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten Kota, akan tegas terhadap SDM yang menyalahi aturan kode etik sebagai pelaksana PKH. Apalagi sampai menguasai KKS PKH milik penerima manfaat.

“Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS milik KPM PKH, harus dibawa sendiri dan proses pengambilan bansos juga dilakukan sendiri, tidak boleh dititipkan kepada pendamping atau koordinator PKH, atau diwakilkan kepada siapa pun. Sebaliknya, tidak boleh ada imbal jasa atau pungutan apa pun yang dikenakan kepada para KPM.” Tegasnya.

Menurut dia, Kemensos mewajibkan para pendamping dan koordinator PKH untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para KPM. Sosialisasi tersebut mencakup soal kebijakan perubahan waktu penyaluran bansos dan besaran nilai yang diterima per bulan.

Tata cara penarikan bansos, tata cara mengurus Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang hilang, rusak, atau tertelan mesin ATM, dan termasuk mengedukasi KPM tentang tata cara pengaduan. Sosialisasi ini didukung oleh pemerintah daerah, serta bank penyalur bansos.

“Selain oknum SDM. Peluang penyalahgunaan juga bisa datang dari oknum lain. Maka segera di laporkan”

Lantas bagaimana cara Pengaduannya? Berikut Mantan Plt Bupati Lombok Timur ini mengurainya.

Informasi tentang dugaan penyalahgunaan wewenang oleh
Pengadu Tentang PKH.

Jika ada keluhan tentang PKH silahkan buat pengaduan melalui jalur resmi yang sudah disediakan Kementerian Sosial, yaitu di unit kerja Contact Center PKH. Pengaduan bisa berupa telepon, SMS / WA dan email di bawah ini :

Pengaduan sembako

1. Telepon :
1500-299 (Masyarakat Umum & KPM PKH)
(021) 314-4321 (Jalur Internal SDM PKH & Kedinasan)
2. SMS dan WA : 0811-1500-229
3. Email : pengaduan@pkh.kemsos.go.id

Selain PKH, jalur Pengaduan Tentang Bansos SEMBAKO / BPNT
Jika ada keluhan tentang Bansos SEMBAKO / BPNT silahkan buat pengaduan melalui jalur resmi yang sudah disediakan yaitu melalui website dan SMS di bawah ini :
1. Website : www.lapor.go.id
2. SMS : Kirim SMS pengaduan ke nomor 1708.

Dia mengingatkan Penyaluran Bansos PKH Tahap 1 dan Tahap 2 2020 telah realisasi. Begitupun Penyaluran bansos tiap bulan sesuai dengan penyesusian kebijakan Kemensos telah terealisasi.

Untuk Bulan April 2020, telah disalurkan kepada 349.964 KPM dengan nilai bantuan sebanyak Rp.84.923.992.000,-.

Sedangkan bulan mei 2020 tersalurkan kepada 343.442 KPM dengan nominal bantuan sebesar Rp. 83.558.303.000,-. Mengapa jumlah data bulan April dan Mei berbeda, dikarenakan BNBA bulan Mei masih menunggu gelombang lanjutan pengiriman data dari Pusat, selanjutnya akan untuk dieksposes kembali.

“Bansos PKH setiap bulan sudah tersalurkan di NTB,” tutup H. Ahsanul Khalik.


guest
136 Komentar
terbaru
terlama terbanyak disukai
Inline Feedbacks
View all comments
pala roselina sinaga
pala roselina sinaga
13 jam lalu

Saya yg bernama pala roselina sinaga,alamat perumahan istana griya blok g no.14 RT 04 RW 01desa Kuala dua kec.sungai raya ,kab. kubu raya, Kalimantan barat untu melanjutkan pengaduan saya bahwa data bantuan saya diterima dari alamat yg lama yaitu desa arang limbung/teluk kapuas

palaa roseina sinaga
palaa roseina sinaga
13 jam lalu

Saya ini salah satu penerima BST di tahun 2020,sejak bulan April sampai Juni saya mendapatkan nominal BST 600 ribu perbulan,dibulan Juli dan Agustus disatukan BST nya 300rb/bulan X2 = 600ribu,berikutnya sudah tidak ada kabar sampai di tanggal 14 November BST kami dialihkan kesembako dengan diberi kartu KKS dari bank BNI di kantor dinas sosial, yg sangat disesalkan sampai saat ini saya belum menerima apapun dengan kartu itu,saya pergi meapor kekantor dinas sosial pada tanggal 4jan 2021 kata pengurus nya kartu KKS saya di blokir sementara,jadi untuk apa dan bagaimana kelanjutan penggunaan kart KKS ini.mohon info yg jelas

Julaeha
Julaeha
2 hari lalu

Assalamualaikum..saya ibu julaeha dari bogor di kampung curugdeng rt 02 rw 05 desa caringin kec caringin kel caringin..saya ingin komplen tentang nominal yg saya dapat karna menurut saya tidak sesuai yg sudah di jelaskan oleh pengurus ny..saya anak 4 yg SMA SMP SD dan balita..yg bikin saya bingung kenapa hanya saya saja yg berbeda tidak sesuai kompenen..sedangkan ada tetangga saya lain rt tidak punya anak SMA dan SMP hanya SD 2 dan 1 balita itu jauh sekali perbedaan nya pendapatannya dengan saya..bukan saya tolak rezeki..saya tahu itu sudah milik saya segitu tapi kan kata petugas sudah menjelaskan tentang kompenen ya… Selengkapnya »

emi femi anggraeni
emi femi anggraeni
4 hari lalu

assalamualaikum… saya emi pemi anggraeni asal garut rt 002 rw 002 desa sukakarya kecamatan banyuresmi kabupaten garut
saya mau mengadukan bahwa ibu saya mendapatkan bantuan bansos btpn kartu merah yang sejumlah uang 500 ribu tidak menerima uang sejumlah uang 500 ibu saya slama mempunyai kkartu merah itu tidak mnerima kartu bonus 500 dan bukan hanya ibu saya sajah tpi semua masyarakat yang mempunyai kartu merah

Intan
Intan
14 hari lalu

Di kartu keluarga sejahtera tertulis sejak 2018 sampai 2023,,tapi kartu baru di tangan saya kemarin bulan Desember 2020,saya belum pernah dapet bantuan apapun baik itu sembako ataupun uang,,lha ini Januari geger pada dapet bantuan,,aku nyoba ngambil sembako tapi katanya kosong saldonya,, percuma dong orang miskin punya kartu keluarga sejahtera tapi tidak dapat apa-apa,,yg jadi pertanyaan saya ini kartu kan dari 2018,kenapa baru diserahkan ke pemilik hak kartu Desember 2020?? Indonesia darurat korupsi,,dipakai siapa kartu ku selama 2 tahun???

Mila
Mila
14 hari lalu

Assalamualaikum saya ibuk miladari tuban.. Saya 2020 masih angota pkh. Tpi saya sekarang sdh di cabut.hanya Karena Satu alasan rumah saya bagus.pdahal sesuguhnya dari perekonomian saya sang at lah pas”an.dgn ke 2 anak saya yg masih suklh smp. Ma sd. Dan punya orang tua yg sakit struc.yg ingin sya keluhkan klo memang orang sperti saya sdah tdak berhak mndapat pkh. Tpi dgn angta yg lain masih banyak yg rmhnya bgus.dan perekonomianya.sdh layak kk masih banyak yg di pertahankan.

Siti komariyah
Siti komariyah
14 hari lalu

Asslmkum.. saya ibu Siti Komariyah dari Banyuwangi.. bantuan PKH saya tidak keluar. Mohon solusinya

Baca Juga :

Close