Terjemahan

Ampenan News. Bupati H.M. Sukiman Azmy membuka acara Festival Berindu 2019 yang diselenggarakan oleh Community Ikkon Kabupaten Lombok Timur dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). di Rumah Adat, Makam, Berugak Reban Bande, Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun, Sabtu ( 19/10).

Hadir pada acara tersebut Kepala Bapeda Kabupaten Lombok Timur, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur, Kabbag Ekonomi Setda Kab. Lombok Timur, Camat Sembalun, Muhammad Amin Kepala sub direktorat edukasi Ekonomi Kreatif, Budi Pradono Settering Community Ikkon Lombok Timur, serta Kolaborator dan Komunitas Keratif se- Lombok Timur.

Dalam sambutannya Bupati H.M.Suikman Azmy menyampaikan, Acara ini merupakan acara yang spektakuler, dimana baru pertama kali acara ini dilakukan di Kabupaten Lombok Timur. terlebih acara ini dilaksanakan di Kecamatan Sembalun, yang penuh dengan sejarah ungkapnya.

Baca Juga :  Gempa Tektonik Dirasakan Di Lombok Timur Dan KSB

Ia pun menyampaikan Apresiasi, atas nama masyarakat dan Pemda Lombok Timur saya mengucapkan terimakasih kepada Ikkon khususnya dan Bekraf pada umumnya yang telah memfasilitasi Kabupaten Lombok Timur sehingga dapat dikenal di dunia luar ungkapnya.

“Banyak Inovasi dan kreasi yang bernuansa baru telah dihasilkan, tentu itu merupakan akumulasi apa yang telah diperbuat selama ini, inovasi itu sangat dibutuhkan dalam meningkatkan harkat dan martabat taraf hidup, begitu pula dengan kreasi, barang bekas yang nampak tidak berharga dan sangat tidak berarti, akan tetapi ketika dibuat menjadi kreasi, dimodifikasi, maka akan sangat berharga dan benilai ekonomis” jelasnya.

Oleh karena itu, Bupati Sukiman berharap kedepan, bukan hanya apa yang dihasilkan sekarang ini saja dipamerkan, melainkan ada inovasi-inovasi baru, karena Lombok Timur memiliki Sumber Daya Alam yang sangat sempurna dan lengkap. “jika sumber daya alam ini dimanfaatkan dengan se baik-baiknya, sudah barang tentu inovasi dan kereasi yang dihasilkan akan bernilai ekonomi lebih tinggi dibandingkan dengan sekarang ini” katanya.

Baca Juga :  Kemenkum HAM Wujudkan Perdamaian Dua NW di NTB

Atas inovasi dan kreasi saat ini, Pemerintah Daerah akan mengintegrasikan kegiatan ini dengan program tahunan Pemda Lombok Timur yakni, Festival Pesona Gumi Selaparang, serta akan memfasilitasi dan memback up kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Edukasi Ekonomi Kreatif Muhammad Amin, dalam sambutanya menyampaikan, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meluncurkan Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (Ikkon), dimana program ini memberikan semangat bekerja bersama Pemerintah, Akademisi, Pers, Pelaku Bisnis dan Komunitas.

Melalui spirit bersama, akan menjadi semangat bersama antara Pemerintah Pusat dalam hal ini Bekraf dengan Pemda dan segenap Penta Helix (lima baling-baling)  di mana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan untuk dapat terus bekerja bersama memajukan Bekraf di Lombok Timur, NTB sampai ketingkat Pusat sesuai tema Berindu 2019.

Baca Juga :  Peringati Isra Mi'raj Bupati Kunjungi Dua Pondok Pesantren

Ikkon merupakan program dengan konsep live in designer berkolaborasi antara profesional di bidang kreatif, perajin lokal, dan pemangku kepentingan di daerah.

Sejak 2016, Bekraf melalui Ikkon telah mendukung pengembangan ekraf Daerah di 15 kota/kabupaten, dengan mengembangkan produk yang sudah ada maupun menciptakan produk kreatif baru.

Tahun ini Ikkon digelar di lima kabupaten/kota yaitu Aceh Utara (Aceh), Tanjung Pinang (Bangka-Belitung), Lombok Timur (Nusa Tenggara Barat), Kupang (Nusa Tenggara Timur), dan Tomohon (Sulawesi Utara). An001.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments