Waspada Angin Kencang

Ampenan News. Secara umum pada musim kemarau maupun puncak musim kemarau, pola bergerakan massa udara dan angin berasal dan datang dari sebelah Tenggara (Australia).

Secara klimatologis dan normalnya pola tekanan udara di wilayah Australia lebih tinggi dibandingkan di wilayah Asia pada saat musim kemarau, kondisi saat ini di wilayah Australia berkisar 1.012 mb sedangkan di wilayah Asia berkisar 1.006 mb.

Selisih tekanan udara yang cukup besar itulah yang meningkatkan dan menguatkan tarikan massa udara dan kecepatan angin di sekitar Indonesia terutama di sebelah Selatan Khatulistiwa Indonesia khususnya Nusa Tenggara.

Mengingat sifat massa udara yang bergerak dari daerah yang memiliki tekanan udara yang tinggi menuju daerah yang memiliki tekanan lebih rendah. emakin tinggi selisih tekanan udara antara dua daerah, maka kecepatan gerak massa udara juga akan semakin tinggi.

21 Juni jam 14.00 WITA ini juga bertiup angin kencang di wilayah Bertais, Mataram.

Angin ini bersifat lokal dan terjadi disebabkan adanya perbedaan suhu yang tinggi antara daerah dataran tinggi dan daerah dataran rendah. Sehingga memicu pola sirkulasi angin secara lokal yang berhembus dengan kecepatan kencang bersifat kering pada siang hari dan dingin pada malam hari. MediaCuacaBMKG AL007.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Baca Juga :

Close