Halal Bihalal Bulan Syawal Pemerintah Desa Denggen dihadiri Pj Bupati
Terjemahan

AmpenanNews. Memanfaatkan bulan Sawal, Pemerintah Desa Denggen Timur, gelar halal bihalal. Kegiatan itu dihadiri oleh Pj Bupati Lombok Timur, Kepala Dinas PMD, Camat Selong, dan sejumlah tokoh masyarakat di desa setempat, Jumat (3/05/2024).

Penjabat Bupati Lombok Timur, HM Juaini Taofik, dalam sambutannya menceritakan secara singkat lahirnya kegiatan halal bihalal usai Ramadhan di kalangan pemerintah.

Dia menceritakan, halal bihalal pertamakali digelar oleh Presiden Soekarno, atas masukan dari KH Wahab Hasbullah, salah satu petinggi Nahdlatul Ulama. Waktu itu, terangnya, Indonesia baru berumur satu tahun pasca deklarasi kemerdekaan.

“Tentu kita masih kocar-kacir karena Belanda juga ingin masuk kembali,” ungkap Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik yang karib disapa Kak Ofik.

Baca Juga :  Wabup Tekankan Kesiapan dan Dukungan Masyarakat Terhadap Investasi Daerah

Dalam tekanan itu, semua komponen negara harus bersatu padu. Lantaran itu disebutnya, memanfaatkan suasana Idul Fitri maka lahirlah kegiatan tersebut.

Kades Denggen Timur, kata dia, telah mencontohkan dengan baik langkah sang proklamator. Menurutnya, yang cocok menginisiasi halal bihalal ialah pemerintah bukan masyarakat.

“Karena awalnya memang, pemerintah selaku pelayan publik tentu banyak hal yang sudah dijanjikan,” ujarnya.

Kehadirannya kata Kak Ofik, sebagai apresiasi kepada seluruh warga Kecamatan Selong, sebab mejadi juara umum pada MTQ ke 30 tingkat Kabupaten Lombok Timur.

Tentu mempertahankan hal itu, disebutnya berat. Namun karena kafilah dan pelatihnya memiliki semangat, predikat juara itu bisa dipertahankan.

“Minal’adini nal faidzin nal makbullin,” ucap pria yang dikenal murah senyum itu.

Baca Juga :  Posmat Tanjung Luar Bagi Sembako di HUT TNI ke-75

Kepala Desa, Moh Jamaludin, dalam kesempatan itu menerangkan, empat belas tahun pasca mekar desa tersebut terus melakukan berbagai hal baik. Di usia yang tergolong remaja ini, kata dia, pelayanan publik menjadi satu hal yang diperhatikan.

Ia memaparkan, beberapa titik pembangunan di desa itu. Diantaranya, penembokan di keliling di kantor desa, pembukaan jalan baru, perbaikan irigasi, termasuk penampungan air.

“Penampungan air ini sebagai tempat menampung air bersih di Denggen Timur ini,” terangnya

Kehadiran Pj Bupati, tokoh, serta ulama setempat disebutnya, merupakan berkah bagi desa itu. Mungkin saja, menurutnya, ini do’a yang malam lailatul qadar yang dikabulkan.

“Ini akan memberikan kesejukan dan kenyamanan bagi kita di Desa Denggen Timur ini,” pungkasnya.

Baca Juga :  Dugaan Kasus Korupsi di Lotim Masih Menunggu Kelanjutan

Kegiatan itu diakhiri dengan berjabat salam kepada Pj Bupati, Kadis PMD, Camat Selong, dan tokoh yang hadir serta masyarakat yang mengikuti kegiatan itu.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments