Kegiatan Forum Dekan Ushuluddin PTKIN Se- Indonesia Sukses Digelar UIN Mataram
Terjemahan

AmpenanNews. Kegiatan Forum Dekan Fakultas Ushuluddin se Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun Forum Dekan (FORDEK) Fakultas Ushuluddin se Indonesia, merupakan perhelatan akademik tahunan yang diikuti oleh Dekan, para peneliti dan akademisi dari Fakultas Ushuluddin se-Indonesia, dirangkai dengan Rapat kerja Nasional dan Annual International Conference sukses di gelar Universitas Islam Negeri Mataram.

FORDEK Ushuludddin tahun ini berlokasi di Kota Mataram, tepatnya di UIN Mataram opada tanggal 17 – 20 Mei 2023 sesuai kesepakatan Foum Dekan tahun 2022 lalu di IAIN Manado.

Forum Dekan Fakultas Ushuluddin PTKIN Se-indonesia secara resmi dibuka langsung oleh Rektor UIN Mataram, Prof Dr. TGH. Masnun Tahir di Aula Pendopo Walikota Mataram, pada hari Rabu 17 Mei 2023

Walikota Mataram, dalam sambutannya menyampaikan , Selamat datang di kota kami tercinta. Forum ini adalah forum yang terhormat, terima kasih telah memilih kota Mataram sebagai lokasi kegiatannya, di samping merupakan forum silaturahmi, juga forum akademik yang membicarakan tentang berbagai peningkatan dan pengembangan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat antar Fakultas Ushuludin se-Indonesia.

Baca Juga :  Tahun 2023 NTB Mengalami Gempabumi sebanyak 5.326 Kejadian

“terus terang kami sebagai pimpinan wilayah merasa bahagia dan bangga, maka atas nama seluruh masyarakat kota Mataram kami menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Bapak dan Ibu para Dekan yang telah berkenan hadir di kota ini,” ungkapnya.

Sebagai bahan kajian dari Bapak dan Ibu dalam forum-forum penelitian dan diskusi nanti, lanjut walikota, bahwa umat Islam di Kota Mataram khususnya dan NTB umumnya sebagai bagian dari ekosistem pembangunan ekonomi global, dapat berperan dan berkontribusi dengan cara turut memperkuat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, serta mengamalkan secara konsisten tuntunan agama dalam bermuamalah.

“kami berharap melalui kegiatan ini dapat menghasilkan ide-ide maupun solusi dalam rangka membangun peradaban umat yang diproyeksikan hingga jauh ke depan, dan melalui fordek ini hal-hal tersebut bisa terwujud,” tutup walikota.

Membuka acara FORDEK secara resmi oleh Rektor UIN Mataram, Prof Dr. TGH. Masnun Tahir, dan memberikan sambutan yang disertai joke-joke yang menggelikan bagi para tamu undangan.

Baca Juga :  Everbright International Tiongkok Siap Olah Sampah dan Produksi Listrik Hijau di NTB

Rektor UIN Mataram menyampaikan, bahwa kegiatan Forum Dekan Ushuluddin ini biasanya dirangkai dengan Annual Conference. Dan saat ini Forum Dekan dirangkai dengan Annual International Conference dengan menghadirkan pembicara dari Baylor University USA yakni Michael Robert Quinlan (Mike) dan dari Deputy Rector For International Relation and Alumni Fatoni university-Thailand yakni Sukree Langputeh. FORDEK ini mengangkat “Kolaborasi Multitier Fakultas Ushuludin dalam Membangun Peradaban Umat yang Berkelanjutan”.

Tema ini dimaksudkan bahwa kolaborasi multitier secara sederhana dipahami sebagai kolaborasi yang merangkul berbagi aktor, stakeholder di berbagai layer atau lapisan baik layer organisasional (governance) maupun non organisasional.

” malam ini kami hadir di pendopo wali Kota Mataram dalam rangka mengaplikasikan tema yang diusung di kegiatan Forum Dekan tahun ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Kegiatan Menjelang Peringatan Dies Natalis ke-55 Fakultas Hukum Unram

Kolaborasi multitier telah menjadi paradigma baru dalam pendidikan, lanjtnya, kolaborasi ini telah menjadi jantung, atau basis pengembangan pendidikan, terutama terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan. Dengan demikian, kolaborasi ini bertujuan mengorganisasi upaya-upaya pengembangan ke dalam sebuah sistem agar lebih efektif.

“oleh karenanya fakultas Ushuluddin perlu kiranya melihat urgensi kolaborasi multitier ini, tidak saja untuk mengembangkan kualitas pendidikan namun agar fakultas Ushuludin dapat berperan lebih besar dalam membangun peradaban ummat yang berkelanjutan,” tutup rektor.

Hadir dalam acara pembukaan, Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, MH, Rektor UIN Mataram, Wakil rektor 1, 2, dan 3 UIN Mataram, para Dekan di lingkungan UIN Mataram, Wakil Direkstur Pascasarjana UIN Mataram, Kepala Biro AUPKK UIN Mataram, Kepala Biro AAKK UIN Mataram, Michael Robert Quinlan (Mike) dari Baylor University USA, 75 orang Dekan dan Wakil Dekan Ushuluddin se Indonesia, dan Dosen Fakultas ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments