Sekda Lotim Memerima Rektor Universitas Gunadarma E.S. Margiant
Terjemahan

AmpenanNews. Sekretaris Daerah M. Juaini Taofik mewakili Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy, menerima Rektor Universitas Gunadarma (UG) E.S. Margianti beserta rombongan Sabtu (29/10) di kantor Desa Loyok, Kecamatan Sikur.

Kunjungan ini dalam rangka launching Desa Loyok sebagai desa wisata cerdas sekaligus mempererat kerja sama kedua pihak. Hadir pula sejumlah pimpinan OPD dan Forkopimcam.

Sekda, pada kesempatan tersebut mengingatkan pengembangan pariwisata membutuhkan konsep berkelanjutan sehingga dapat bertahan lama.

Sehingga siapapun Kepala Desa, Camat maupun Bupati, serta apapun kegiatan di desa tersebut, pariwisatanya harus berkelanjutan. Ia mengakui pentingnya kualitas sumber daya manusia dalam pengembangan pariwisata. Karena itu ia optimis Loyok dapat mengembalikan kejayaan masa lalu, utamanya berkat keterlibatan UG dalam pengembangan Loyok sebagai desa wisata pintar. Hal tersebut mengingat potensi dan eksistensi Loyok sebagai salah satu cikal bakal desa wisata di Lombok Timur.

Baca Juga :  Perabot Baru Ruang Kelas Perpustakaan dan Lab dari DAK Dipertanyakan Pihak Sekolah

Ia juga berharap kerja sama dan komunikasi Pemda Lombok Timur dengan UG berjalan dengan baik sesuai kesepakatan yang telah ditandatangani.

Harapan sama juga disampaikan Rektor Gunadarma E.S. Margianti.  Ia berharap dapat bersama-sama melakukan pengembangan terhadap program-program yang telah disepakati bersama, termasuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Ia juga menjelaskan bahwa UG membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi masyarakat Lombok Timur yang hendak meningkatkan kualitas pendidikannya di UG melalui  beasiswa S1, S2, dan S3.

Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Smart Homestay Desa Loyok. Sekretaris Daerah bersama Rektor UG meresmikan Smart Homestay dengan menekan tombol virtual. Smart Homestay merupakan penginapan yang menerapkan teknologi Internet Of Things (IoT). Setiap bagian dari homestay tersebut seperti lampu, gagang pintu, terminal listrik, CCTV dan peralatan pendukung lainnya dapat diatur dan dikendalikan melalui telpon pintar. Penerapan teknologi ini, selain memudahkan sekaligus memberikan kenyamanan bagi pengunjung sejak proses pemesanan hingga checkout, juga berdampak terhadap efisiensi baik bagi pengunjung maupun pengelola.

Baca Juga :  Pembekalan dan Pelatihan Keterampilan Pegawai Negeri Polda NTB

Selain mencakup pengembangan dan pemanfaatan SDM untuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, kerja sama Pemda Lombok Timur dengan UG juga meliputi pengembangan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan potensi dan layanan pemerintah, juga pengambangan desa wisata.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments