Gubernur NTB Mengisi Kuliah Umum FEB Universitas Mataram
Terjemahan

AmpenanNews. Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengisi Kuliah Umum bertajuk “Kebijakan Pengembangan Inovasi dan Teknologi dalam Mendukung Industrialisasi di NTB” sebagai rangkaian Dies Natalis ke – 59 dan Temu Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mataram (UNRAM) yang berlangsung di Gedung Teater FEB, Senin (24/10).

Kuliah umum tersebut, Gubernur menyampaikan terkait Technological Capability atau kemampuan teknologi yang penting dalam meningkatkan daya saing di era ekonomi terbuka saat ini.

“Didalam ekonomi terbuka harus dimaksimalkan daya saing, untuk memaksimalkannya diperlukan kemampuan teknologi yang didampingi dengan knowledge base yang kuat dan Intensity of Effort,” tutur Bang Zul.

Gubernur juga menuturkan bahwa dalam membeli produk – produk luar maka harus bisa menguasai technological capability produk tersebut. Sehingga apabila terjadi masalah atau kerusakan bisa dilakukannya maintenance atau membuat produk yang lebih baik lagi.

Baca Juga :  Para Kades Sambut Baik Anjuran Studi Banding Untuk Bangun Desa

“Tidak heran, kita mengambil berbagai produk dari luar, selama masih bisa menguasai Technological Capabilitynya,” jelas Bang Zul.

Doktor Zul juga menjelaskan terkait isu Sustainable Development atau Pembangunan Berkelanjutan yang seharusnya tidak hanya terkait dengan lingkungan.

“Pembangunan berkelanjutan adalah isu sains dan teknologi. Pembangunan baru bisa berkelanjutan kalau kampus – kampus mengupgrade kemampuan penelitiannya, kemudian lembaga – lembaga penelitian juga melakukan hal yang sama dan yang paling penting adalah ada pengembangan kemampuan lokal,” jelasnya.

Dikuliah umum tersebut, turut hadir Ka. Bappeda, Ka. Brida, Ka. BPKAD, Kadistanbun, Kadislutkan, Kadikbud, Inspektur Daerah, Kadis Perindustrian, Kadisnakeswan, Kadis Perdagangan, Kadinsos, Kadiskop & UMKM, Kadiskominfotik, Kadis Ketahanan Pangan, Ka. BPBD, Kadis ESDM, Kadis PMPTSP, Kadis PUPR, Kadis Perkim, Kadikes, Karo AP, Karo PBJ, Karo Ekonomi, Dir. RSUP, Direksi Bank NTB, Direksi BPR Direksi GNE dan semua Eselon 3 dan 4.

Baca Juga :  Gubernur Ajak Warga Menanam Harapan

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments