NTB Akan Terima 183 Ribu STB Gratis

Mataram – Sebanyak 183.120 Set Top Box (STB) gratis akan diberikan oleh Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) atau penyelenggara multiplexing kepada Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berdasarkan data yang dikeluarkan Kemenkominfo RI, ratusan ribu STB tersebut bakal dialokasikan ke masyarakat Rumah Tangga Miskin (RTM) atau Penerima Keluarga Harapan (PKH) di empat Kabupaten/kota yang menjadi sasaran pelaksanaan program Analog Switch Off (ASO) atau migrasi ke TV digital.

Empat kabupaten/kota tersebut yakni Kota Mataram akan menerima 17.403 STB, Kabupaten Lombok Timur sebanyak 74.527 STB, Kabupaten Lombok Tengah sebanyak 56.689 STB, dan Kabupaten Lombok Barat sebanyak 34.501 STB.

STB gratis tersebut diberikan oleh Media Metro, MNC GTV, TransTV, SCTV, dan RTV yang akan dikirimkan melalui kantor pos. Hal ini sesuai dengan mandat dari Menteri Kemenkominfo RI Jhonny G.Plate bahwa alokasi STB ini harus tepat sasaran.

Ia pun meminta LPS maupun penyelenggara multiplexing untuk berkomitmen memberikan STB tersebut kepada wilayah yang menjadi target penerima.

Untuk diketahui, Pemerintah melalui Kemenkominfo RI tengah melaksanakan program ASO tahap 1 per April 2022. Tahap 1 dilakukan di tiga wilayah yakni Papua, Riau, dan NTT. Sedangkan di Provinsi NTB, pelaksanaan ASO ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

Cara Beralih ke Siaran Digital. Untuk beralih ke siaran digital sangatlah mudah. Pertama, masyarakat harus memastikan bahwa di daerahnya sudah terdapat siaran televisi digital. Pengecekan siaran TV digital ini harus dicek melalui aplikasi sinyalTVdigital di play store/Appstore.

Setelah diinstal, maka bisa langsung dijalankan. Kemudian cek pada peta di aplikasi untuk mengetahui kekuatan sinyal.

Kedua, masyarakat harus memerlukan antena rumah biasa, yaitu antena UHF baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor) yang juga biasa digunakan untuk menangkap siaran televisi analog.

Ketiga, pastikan bahwa televisi di rumah sudah dilengkapi dengan penerima siaran televisi digital DVBT2.

Sementara, jika televisi Anda hanya bisa menerima siaran televisi analog, maka diperlukan memasang dekoder set top box.

Pesawat TV analog memerlukan alat tambahan bernama Set Top Box (STB) DVBT2 agar bisa menangkap sinyal TV Digital. Setelah STB dirangkaikan dengan televisi lama atau tabung, siaran TV digital akan tertangkap di pesawat televisi.

Langkah Memasang Set Top Box (STB), Perhatikan panel dan port yang ada pada bagian belakang STB, setelah itu jangan lupa untuk perhatikan juga panel pada belakang TV yang Anda miliki.

Lalu lakukan pemasangan kabel penghubung antena dari perangkat TV digital atau STB ke perangkat TV Anda.

Perhatikan kabel AV (Audio Video) atau HDMI pada STB, dan hubungkan kabel tersebut ke TV Anda. Jika sudah terhubung, tekan tombol ON pada STB dan TV atau menggunakan remote yang tersedia bersamaan bersamaan dengan perangkat STB.

Pilih menu CARI SALURAN OTOMATIS, dan tunggu hingga penyesuaian selesai. Nantinya hasil dari pemindaian otomatis yang dilakukan oleh STB di TV Anda akan muncul di TV.

Tags
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close
Close