Kapolda NTB Berharap Perayaan Waisak Berjalan Aman dan Lancar
Terjemahan

AmpenanNews. Kapolda NTB, Irjen Pol Djoko Poerwanto, berharap perayaan Waisak atau Waisaka berjalan aman dan lancar karena merupakan hari suci bagi agama Buddha. Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka.

Kegiatan tersebut sakral bagi agama Budha, tentunya kelancaran dan keamanan perayaan tersebut menjadi tugas bagi Polisi, tak terkecuali Polda NTB.

Kapolda NTB melalui Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto SIK M.Si, mengatakan, seperti perayaan keagamaan yang lain, seperti lebaran, Kuningan, Kenaikan Isa Al-Masih dan lain sebagainya menjadi tugas Polisi untuk memastikan perayaan tersebut berjalan lancar.

Baca Juga :  Gelar Gowes Sinergi dan Bhakti Sosial TNI/Polri Nusa Tenggara Barat

Sperti halnya peryaan Waisak ini, berbagai cara di lakukan untuk memberikan rasa aman bagi umat yang merayakannya.

“seperti halnya yang dilakukan oleh Polsek jajaran kami di Sandubaya, mereka turun langsung membantu pengurus Vihara membagikan sembako kepada warga yang tinggal disekitar Vihara,” Jelas Artanto, Senin (16/5/2022).

Berkah tersendiri bagi warga masyarakat di sekitar Vihara Dhamma Susena yang terletak di jalan Amerta Pura no 12 lingkungan karang Siluman kecamatan Cakranegara Kota Mataram pada hari ibadah Trisuci Waisak 2566 BE tahun 2022.

“Usai kegiatan Dharmasanti Trisuci Waisak yang diawali dengan puja Bhakti Waisak / sembayang dan meditasi Waisak masyarakat sekitar Vihara tersebut mendapat bingkisan berupa paket sembako dari pengurus Vihara,” ujarnya.

Baca Juga :  Langkah Tim Covid-19 Lobar, Dalam Menindak Lanjuti Kedatangan Jenazah Dari Bali

Diketahi bahwa, Kapolsek Sandubaya Kompol Moh Nasrullah SIK bersama Ketua pengurus Vihara Dhamma Susena Erik Kang Prabowo membagi sejumlah paket sembako yang diperuntukan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Vihara.

Artanto menggambarkan seluruh rangkaian ibadah Trisuci Waisak berlangsung aman serta menerapkan protokol kesehatan.

“Di Sandubaya, sekitar 60 orang umat Budha yang di pimpin pandita Hema Putri melakukan perayaan dan ibadah di Vihara Dhamma Susena, pengamanan dari kepolisian, Polsek Sandubaya menempatkan 7 personil untuk mengamankan jalannya ibadah Trisuci Waisak tersebut, begitu juga di tempat lain,” kata Artanto.

Diketahui bahwa, usai perayaan ibadah, Kapolsek bersama Ketua Pengurus Vihara Pak Erik, membagi – bagi paket bingkisan berupa paket sembakau kepada warga masyarakat sekitar sebagai bentuk jalinan silaturahmi dengan masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Penandatanganan dan Sumpah Sespimen, Sespima dan Sip 2020

“Alhamdulillah perayaan Waisak di NTB berjalan lancar dan aman, mudah-mud koahan kondisi ini tetap terjaga, agar suasana Kamtibmas dapat dirasaka oleh semua orang,” pungkasnya.

 


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments