Setelah Bima, Lombok Juga Diguncang Gempabumi Tektonik M=4,1
Terjemahan

AmpenanNews. Setelah Bima, Lombok pun diguncang gempabumi, kejadian dan parameter gempabumi
Jumat, 01 Oktober 2021 pukul 22:02:53 WITA, wilayah Lombok Timur dan Lombok Tengah diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,1. Episenter terletak pada koordinat 9.29 LS dan 116.91 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 59 km Tenggara SUMBAWABARAT-NTB, pada kedalaman 47 km.

Sebelumnya, Hari Jum’at, 01 Oktober 2021 pukul 18.15.50 WIB wilayah Dompu diguncang gempa tektonik. Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempabumi ini berkekuatan M=5,0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw=4,8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,19° LS ; 118,09° BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 56 km arah Barat Laut Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 22 km.

Baca Juga :  Logistik MotoGP Tahap II dari Qatar tiba di Bandara International Lombok

Dari jenis dan mekanisme gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi.

Untuk dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Timur III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu ) dan Lombok Tengah II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung).

Sedangkan gempabumi susulan hingga pukul 22:30 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ) .

” Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.” Kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi, S.Si. memlalui WAG Media BMKG.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments