Serapan DAK Kabupaten Lombok Timur Terbaik di NTB
Terjemahan

AmpenanNews. Serapan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Lombok Timur merupakan yang terbaik di NTB. Persentasenya mencapai 77,81% per-15 Oktober 2021, di mana Dana transfer khusus DAK Fisik mencapai 72,49% dan DAK Non Fisik 82,66%. Hal tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan APBD 2021 triwulan ketiga yang berlangsung Senin (18/10).

Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy yang memimpin rapat koordinasi tersebut mengapresiasi Kepala OPD dengan serapan dan realisasi APBD 2021 yang telah sesuai dengan target. Namun begitu, pada rapat yang berlangsung di Rupatama 1 kantor Bupati tersebut, Bupati Sukiman juga meminta penjelasan sejumlah kepala OPD yang serapan dan realisasinya masih berada di bawah 50%.

Baca Juga :  Bantuan Aspirasi DPR RI Untuk Kabupaten Lombok Timur

Bupati juga meminta komitmen pimpinan OPD untuk mencapai target triwulan ke-tiga yaitu tak kurang dari 75% pada akhir Oktober nanti. Dengan begitu diharapkan pada akhir tahun anggararan, minimal 95% target APBD dapat terealisasi. Sementara bila tidak, dikhawatirkan target yang telah ditetapkan tidak dapat terkejar.

Hal sama juga ditekankan Bupati terkait realisasi target Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kepala OPD diminta melakukan inovasi dan terobosan yang dapat menggenjot realisasi. Ditekankannya pula agar pimpinan OPD aktif memperbarui laporan sehingga data yang ada di masing-masing OPD sama dengan data di BPKAD maupun Bappeda.

Berdasarkan pemaparan Kepala Badan Perencanaan Pembanguanan Daerah (Bappeda) Lombok Timur dari target PAD lebih dari Rp. 446 Milyar, realisasi hingga 15 Oktober berada di angka Rp. 245 milyar lebih atau 55,06%. Jika dirinci realisasi PAD dari Pajak Daerah adalah 50,33%, retribusi daerah 58,39%, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan 41,06%, dan PAD lain-lain yang sah adalah 57,54%.

Baca Juga :  Wujudkan Internet Desa Pintar, Pemkab Lotim Gandeng PT. PSP

Rapat koordinasi yang diikuti Asisten, Staf Ahli, seluruh Pimpinan OPD, dan Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur ini dibuka Sekretaris Daerah H.Muhammad Juaini Taofik.

 


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments