BMKG Mataram
Terjemahan

AmpenanNews.. Curah hujan di NTB pada dasarian III Oktober 2020 berada pada kategori yang bervariasi. Curah hujan Rendah (0 – 50 mm per dasarian) hingga Menengah (51 – 150mm per dasarian) yang tersebar merata di seluruh wilayah NTB.

Terdapat pula curah hujan kategori Sangat Tinggi di sebagian kecil wilayah Lombok dan Bima. Curah Hujan tertinggi tercatat di Pos Hujan Narmada, Kabupaten Lombok Barat sebesar 273 mm/dasarian. Sifat hujan pada dasarian III Oktober 2020 di wilayah NTB didominasi sifat Atas Normal (AN).

Meskipun demikian ada beberapa wilayah yang mengalami sifat hujan Bawah Normal, yaitu di Pulau Lombok bagian utara dan timur, Sumbawa bagian utara, serta Bima bagian Timur.

Baca Juga :  Sengketa Lahan Hotel di Mandalika, ITDC Ajukan PK Ke-2

Monitoring Hari Tanpa Hujan Berturut – turut (HTH) umumnya dalam kategori terjadi hujan hingga tanggal updating (0 hari).

Namun, masih ada beberapa wilayah yang masuk dalam kategori HTH Panjang (21 – 30 hari) pada tanggal updating. HTH terpanjang terpantau di Pos Hujan Soromandi di Kabupaten Bima dan Swela di Kabupaten Lombok Timur sepanjang 21 hari.

Indeks ENSO telah melewati batas kriteria La Nina dan sudah berlangsung selama delapan dasarian terakhir.

Terdapat peluang untuk berlanjut dan menuju La Nina Moderat hingga periode MAM’21 (Maret-April-Mei 2021). Indeks Dipole Mode saat ini berada pada kategori Netral dan diprediksi akan tetap Netral hingga April 2020.

Baca Juga :  NTB Perlu Mendirikan Sekolah Khusus Untuk Berkuda

Pada dasarian I November 2020, peluang curah hujan dengan kategori > 20mm/dasarian adalah tinggi, terjadi di hampir seluruh wilayah NTB.

Untuk peluang curah hujan >50mm per dasarian sebesar 20 % hingga 60% di sebagian wilayah Kabupaten Lombok Timur bagian utara,sebagian wilayah Kabupaten Sumbawa Barat bagian Utara dan sebagian kecil kabupaten Bima.

Dampak memasuki awal musim hujan di NTB, masyarakat dihimbau agar meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya perubahan cuaca secara tiba – tiba seperti adanya potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang serta dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan air dan pohon tumbang.

Info lebih lanjut mengenai Informasi Iklim di Provinsi Nusa Tenggara Barat silahkan menghubungi BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat Telepon 0370-674134 dan fax 0370-674135, Whatsapp : 081917465601 Website: iklim.ntb.bmkg.go.id. (WAGBMKG)

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments