Kapolda NTB
Terjemahan

 

AmpenanNews. Kapolda NTB memimpin Apel gelar pasukan Virtual Ops Mantap Praja Gatarin 2020 tentang Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi NTB yang bertempat di Lapangan Tenis Polda NTB secara Virtual.

Apel Gelar Pasukpan Operasi Mantap Praja 2020 dalam rangka Pilkada serentak di hadiri oleh Danrem 162/WB, Danlanal Mataram, Kasat Pol PP Provinsi NTB, Kadishub Provinsi NTB, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan PJU Polda NTB, serta Kapolres/ta jajaran Polda NTB mengikuti melalui Video Conference.

Ops Mantap Praja Gatarin Tahun 2020 ditandai dengan penyematan Tanda Pita kepada perwakilan personel dari TNI, Polri dan Pol PP.

Dalam sambutannya Kapolda NTB antara lain mengatakan, bahwa Apel gelar pasukan merupakan representasi kesiapan kita atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh Negara dan seluruh rakyat Indonesia untuk menjamin keamanan, ketertiban, dan kelancaran demi suksesnya penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2020 diwilayah hukum Polda NTB.

” Kepercayaan ini haruslah kita jawab dengan kesungguhan dan keiklasan hati, yang diwujudkan dengan keseriusan dalam pelaksanaan tugas pengamanan.
Bahwa Pilkada serentak tahun 2020 saat ini akan memasuki pendaftaran paslon yang merupakan agenda penting dari perjalanan demokrasi Indonesia sebagai proses dari sistim politik dapat berjalan efektif dalam pengelolaan kehidupan berbangsa dan bernegara untuk mewujudkan masyarakat yang adil makmur dan sejahtera.” Kata Kapolda.

Baca Juga :  Sejumlah Kendaraan yang Melakukan Takbir Keliling Diamankan Petugas

Selain itu, Kapolda menjelaskan bahwa Polda NTB sebelum melaksanakan Ops Mantap Praja Gatarin 2020 telah melakukan giat cipta kondisi yang diantanyan ada Satgas Nusantara dengan tujuan agar seluruh komponen masyarakat bisa kendalikan diri serta mematuhi aturan-aturan yang berkaitan dengan pilkada .

Kapolda menyampaikan bahwa TNI- Polri harus netral di setiap kontestasi. Domain TNI Polri adalah mengamankan dan mensukseskan Pilkada agar bisa berjalan dengan baik. Kuncinya hanya satu yaitu masyarakat melihat TNI-Polri solid. Oleh sebab itu diperlukan Loyalitas dan kesetiaan kepada Negara, Rakyat dan Pimpinan. Apabila terjadi permasalahan agar diselesaikan melalui lembaga/ badan yaitu KPU, Bawaslu, Panwaslu sebagai leading sektor dalam penanganan tindak pidana Pilkada.

Baca Juga :  Hj Darbahyanti, Saatnya Perempuan jadi Agen Perubahan

” Kita menyadari bahwa Polri tidak bisa kerja sendiri dalam pilkada serentak tahun 2020, oleh karenanya Kapolda menekankan kepada anggota Polri yang bertugas dilapangan agar dapat bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat guna kelancaran jalannya penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020.” Harapnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolda NTB memberikan beberapa penekanan yang perlu dipedomani oleh seluruh anggota yang melakukan Pengamanan Pilkada serentak tahun 2020. Diantaranya adalah agar meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Y.M.E. serta memohon Ridhonya sehingga Pilkada pada pemilihan Bupati/Walikota tahun 2020 dapat berjalan Aman, Tertib, Lancar dan Sukses.

Menyiapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi, dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat sehingga dapat menampilkan jati diri Polri yang Profesional, Modern, dan Dipercaya.

Petakan setiap Kerawanan pada setiap tahapan Pilkada serentak Tahun 2020, serta lakukan deteksi dini dengan mengedepankan Fungsi Intelijen dan didukung Bhabinkamtibmas.

Baca Juga :  Plan Indonesia dan IAP2 Dorong Partisipasi Bermakna Anak dan Pemuda dalam Pembuatan Kebijakan di Indonesia

Implementasikan Asta Siap yang meliputi Siap Piranti Lunak, Siap Pos Komando, Siap Latihan Pra Operasi, Siap Kondisi Kamtibmas, Siap Masyarakat, Siap Kekuatan Personel, Siap Sarana dan Prasarana serta Siap Anggaran.

Berpegang teguh komitmen Netralitas kita dalam Pilkada serentak Tahun 2020 sehingga kita dapat berdiri di atas semua golongan tanpa memihak.

Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Penyelenggara Pilkada, Pemda dan Unsur lain yang terkait dengan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada serentak Tahun 2020 agar mempedomani Protokol kesehatan sesuai dengan Perda Provinsi NTB nomor 7 Tahun 2020 tentang penanggulangan Penyakit Menular.

“Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Gatarin Tahun 2020 di akhiri dengan Foto Bersama dengan Unsur TNI-Polri dan Penyelenggara Pilkada Tahun 2020.” Tutup Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto S.I.K.,M.Si., melalui.siaran pers tertulisnya kepada media AN.


Bank NTB Ramadhan
Bank NTB
Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments