Tim Itwasum Mabes Polri Melaksanakan Pengawasan dan Pemeriksaan Polda NTB


AmpenanNews. Kedatangan Tim Wasrik Itwasum Mabes Polri dalam rangka Pengawasan dan Pemeriksaan rutin tahap II aspek Pelaksanaan dan Pengendalian di Polda NTB dan Satker jajaran yang akan di laksanakan selama 10 Hari kedepan.

Tim Wasrik Irwil III Itwasum Polri dipimpin oleh Brigjen. Pol Iriyanto S.I.K, dan diketuai Kombes Pol Drs. Agung Setiatno, . Tim Wasrik dari Itwasum Mabes Polri tiba di kediaman Wakapolda NTB pada pukul 07.45 Wita yang terima langsung oleh Kapolda NTB, Wakapolda NTB, Irwasda Polda NTB beserta para PJU Polda NTB, Rabu 5 Agustus 2020.

Setelah melaksanakan Coffe Break di kediaman Wakapolda NTB, Kapolda NTB bersama Irwil III beserta tim menuju Lapangan Tenis Polda NTB, untuk melaksanakan Taklimat Awal, yang diikuti oleh PJU, Para Kasatker dalam lingkungan Polda NTB, Kapolres sepulau Lombok, sedangkan untuk Kapolres sepulau Sumbawa mengikuti melalui Vidio Conference.

Kapolda NTB mengatakan, bahwa Pengawasan dan Pemeriksaan adalah hal yang harus dilakukan di setiap organisasi sekecil apapun, prinsip well organize dalam penyelasaian pekerjaan sebanyak 50% di pengaruhi oleh perencanaan yang terbaik.

Oleh karena itu, Itwasum Polri harus melakukan pengawasan dan pengendalian, untuk meyakinkan bahwa semua organisasi di bawah Mabes Polri bisa melakukan hal yang baik, sehingga tujuan bisa tercapai dan berdaya guna serta efektif dan efisien dengan demikian Harkamtibmas bisa betul betul terjaga di setiap organisasi.

Prinsip Itwasum ialah semangat konsultasi dan meyakinkan semua organisasi melakukan perbaikan dari segala aspek.

” Kami siap menerima dan memperbaiki kesalahan yang tanpa kami sadari kami telah lakukan di dalam pelaksanaan tugas. ” Tegas Kapolda NTB dalam sambutannya.

Irwil III Itwasum Polri Brigjen. Pol Iriyanto S.I.K, memeberikan arahan, antara lain mengatakan bahwa Pengawasan dan Pemeriksaan rutin merupakan proses identifikasi masalah, analisis dan evaluasi yang di lakukan secara independen dan objektif serta Profesional berdasarkan standar pemeriksaan.

” Untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas dan keandalan informasi mengenai pengelolaan dan pertanggung jawaban Kasatker/ Kuasa, Pengguna Anggaran (KPA), terhadap pelaksaan Program Polri dan keuangan Negara, guna mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik (Good Government) dan tata kelola Pemerintahan yang bersih (Clean Goverment).” Kata Brigjen. Pol Iriyanto S.I.K.

Kemudian beliau melanjutkan arahannya, Sasaran kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan Itwsum Polri Tahun 2020 tahap II pada aspek Pelaksaan dan Pengendalian adalah Pelaksanaan program kegiatan yang di capai dan realisasi penggunaan anggaran satuan kerja T.A. 220 serta pertanggung jawaban keuangan dokumen pengadaan barang/jasa Pemerintah yang belum di Wasrik Tahun 2019.

Kemudian Pemeliharaan kemampuan (Harpuan) penggunaan kekuatan (Gunkuat) Satuan kerja dan Pelaksanaan tugas pokok fungsi (Tupoksi) Satuan kerja.

Begitu juga dengan Evaluasi tindak lanjut hasil Wasrik rutin tahap I T.A. 2020 yang di laksanakan oleh Itwasda. Pelaksanaan Perwabkeu dalam pengadaan Barang/Jasa dan PNBP tahun 2020.

Temuan berulang dari hasil Wasrik Internal Itwasum Polri dan Eksternal BPK-RI. Hasil pengendalian terhadap pelaksaan kegiatan dan anggaran yang bersumber dari Dipa dan Non Dipa

” Setelah taklimat awal dilanjutkan dengan pendalaman terhadap Satker dalam lingkungan Polda NTB yang bertempat di Gedung Sasana Dharma.” Kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, S.I.K.,M.Si. melalui siaran pers tertulisnya kepada media AN.


guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close