Humas Unram/Forta
Terjemahan

AmpenanNews. Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau PKKMB Universitas Mataram, tahun akademik 2020/2021, Senin (3/8) pagi, resmi dibuka Rektor Universitas Mataram Prof. Dr. Lalu Husni, S.H., M.Hum.

PKKMB Unram yang dilaksanakan secara daring via aplikasi Zoom Meeting dan kanal Youtube tersebut, dikhususkan bagi mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN.

Dalam arahannya saat membuka PKKMB tahun akademik 2020/2021 jalur SNMPTN tersebut, Rektor Unram mengungkapkan bahwa PKKMB tahun akademik 2020/2021, mengusung tema “Melalui PKKMB Masa Covid-19 Kita Wujudkan Program Merdeka Belajar dan Gerakan Revolusi Mental Menuju Tercapainya Pendidikan yang Berkualitas”.

Menurut Prof. Husni, jalur SNMPTN merupakan salah satu dari tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, yang cukup prestisius karena didasarkan pada penelusuran prestasi akademik dan atau portofolio calon mahasiswa.

Baca Juga :  ADEKSI Bahas Omnibus Law Dalam Musyawwarah Nasional di Mataram

Prof. Husni berpesan, agar mahasiswa menyalurkan rasa syukur diterima sebagai keluarga besar Unram, dengan memperbanyak belajar dan membaca, mengingat saat ini bahan bacaan sangat mudah didapatkan, baik melalui smartphone seperti e-book, e-journal, dan video pembelajaran.

“Lebih-lebih pandemi Covid-19 saat ini, tidak memungkinkan kita bertatap muka sacara langsung. Karena itu pembelajaran jarak jauh atau daring menjadi alternatif termasuk PKKMB ini,” ungkap Prof Husni.

Selain itu, Prof. Husni juga menekankan agar mahasiswa baru tidak hanya mengukur keberhasilan, dengan peraihan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tinggi semata. Namun juga harus dibarengi dengan pelatihan softskill (kecapakan).

“Karena itu, terlibat dalam organisasi kemahasiswaan di Unram, bisa menjadi jalan bagi para mahasiswa baru untuk mengasah softskill tersebut. Iya tentunya dalam koridor yang seharusnya,” kata rektor kesembilan Unram itu.

Baca Juga :  Dukung Program MBKM Unram Gandeng PT. Charoen Pokphand Indonesia

“Untuk hadapi tantangan ke depan, kita harus bekerja keras dan tekad belajar sungguh-sungguh harus ada dalam diri kita agar tidak tertinggal bangsa lain,” imbuhnya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) Unram Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M. Si. dalam laporannya menyampaikan, jumlah mahasiswa peserta PKKMB jalur SNMPTN tercatat sebanyak 983 orang.

“Sedangkan dalam pelaksanaan via daring hari ini, terdata sekitar 925 orang mahasiswa baru jalur SNMPTN yang menghadiri,” kata Prof. Enny.

Dalam kesempatan itu, Prof. Enny juga menjelaskan, PKKMB merupakan kegiatan pengenalan yang terprogram yang disusun dalam upaya menyiapkan karakter mahasiswa baru, dalam melewati proses transisi, untuk menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

Baca Juga :  Mencari Pemimpin Rakyat melalui Musra XXIV Provinsi NTB

“Pelaksanaan PKKMB tahun ini diharapkan bisa menjadi wahana sosialisasi kebijakan merdeka belajar, kampus merdeka, dan menanamkan lima program gerakan nasional revolusi mental,” jelasnya.

Dikatakan, materi yang disajikan dalam PKKMB nantinya ditujukan untuk pembinaan idealisme, penanaman wawasan kebangsaan, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan.

“Termasuk di dalamnya adalah radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual, plagiarism, dan korupsi,” tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan PKKMB tahun akademik 2020/2021 Unram jalur SNMPTN akan dilaksanakan selama tiga hari (3-5 Agustus 2020), mulai pukul 7.30 hingga maksimal pukul 12.30 Wita dengan mematuhi protokol kesehatan pandemi Covid-19. Forta


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments