Bulan Ini Universitas Mataram Buka Pendaftaran Jalur Mandiri


AmpenanNews. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Mataram dijadwalkan dibuka bulan Juli 2020 ini. Demikian diungkapkan Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) Unram Agusdin, S.E., M.B.A., D.B.A., Kamis (9/7) pagi, saat ditemui media di ruang kerjanya di Gedung Rektorat Unram.

“Pendaftaran seleksi Mandiri dilakukan melalui laman http:: mandiri.pmb.unram.ac.id,” ungkapnya.

Selain itu WR I Unram menguraikan bahwa proses pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Mandiri (Tes Mandiri), dilakukan secara online (daring) pada 13 – 31 Juli 2020 mendatang.

“Pelaksanaan ujian dijadwalkan pada 10 hingga 13 Agustus 2020. Sementara pengumuman kelulusannya dijadwalkan akan dilaksanakan pada 30 Agustus 2020,” katanya.

Dikatakan, UTBK jalur Mandiri dilaksanakan hanya menggunakan satu jenis soal yakni Tes Bidang Studi Dasar yang meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar.

“Jadi, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Kebijakan ini diambil dengan mempertimbangkan kondisi saat ini, dimana kita sedang dalam masa transisi pandemi Covid-19 menuju new normal life,” jelas Agusdin.

Disebutkan, persyaratan pendaftaran jalur mandiri untuk pendaftar program S1 dan Diploma III maupun program Vokasi Lombok Utara dan Vokasi Bima, adalah tamatan SMA/MA/SMK tahun 2018, 2019, dan tahun 2020.

“Peserta harus sehat jasmani maupun rohani, sehingga tidak mengganggu proses belajar di perguruan tinggi. Khusus pendaftar yang memilih Program Studi S1 Pendidikan Dokter, pendaftar harus lulusan SMA atau MA (Madrasah Aliyah, red) jurusan IPA,” bebernya.

“Peserta dapat memilih maksimal dua program studi,” imbuhnya.

WR I Unram itu menegaskan, persyaratan lulusan jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) juga berlaku pada beberapa Program Studi (Prodi) tertentu, yang mensyaratkan lulusan jurusan IPA saat di SMA/MA. Sementara syarat lain yang dipersyaratkan adalah peserta harus mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan, kaitannya dengan kesanggupan membayar biaya uang pangkal dan biaya pendidikan atau Uang Kuliah Tunggal (UKT), pada saat melakukan daftaran ulang apabila telah dinyatakan lulus Seleksi Mandiri.

“Ini diperlukan agar tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi di kemudian hari, karena pembayaran UKT itu telah tersistem begitu data yang diisi oleh mahasiswa ter-input (dimasukkan dalam program, red),” tandasnya.

Lebih jauh Agusdin menyampaikan, pendaftar atau peserta yang berasal dari SMA/MA/SMK jurusan IPA, juga dapat memilih kelompok Prodi sains teknologi (Saintek) maupun sosial humaniora (Soshum).

“Sementara pendaftar yang berasal dari jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial, red), Bahasa, dan jurusan lainnya hanya dapat memilih kelompok Prodi Soshum,” ucap Agusdin.

Terkait tata cara pendaftaran, Agusdin mengatakan, calon pendaftar membuat account (akun) Pendaftaran Seleksi Mandiri di laman http:mandiri.pmb.unram.ac.id . Selajutnya pendaftar melakukan login (masuk) menggunakan akun yang telah dibuat dan mengisi data secara online, hingga kemudian memperoleh virtual account (kode bayar) biaya Pendaftaran Seleksi Mandiri.

“Pendaftar harus melakukan pembayaran di Bank mitra sebesar Rp. 250.000, dengan menggunakan kode bayar pendaftaran seleksi mandiri. Pembayaran juga dapat dilakukan melalui ATM atau mobile banking atau internet banking,” sebutnya.

Setelah proses pembayaran selesai, lanjutnya, pendaftar jalur mandiri Universitas Mataram dapat mencetak Kartu Bukti Pendaftaran Seleksi Mandiri, dengan cara login kembali ke laman http: mandiri.pmb.unram.ac.id.


guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close