Operasi Militer Selain Perang (OMPS) Danlanal Mataram


Dukungan Komandan Lanal Mataram pada Forkopimda NTB adalah bentuk Operasi Militer Selain Perang ( OMSP ). Pada Selasa malam hadir di Perum Bulog NTB Kota Mataram, dalam rangka Silaturrahmi Forkopimda Prov. NTB serta pembahasan Evaluasi Penanganan Penyebaran Covid 19 di Wilayah Prov. NTB, yang dihadiri Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., Kapolda NTB diwakilkan Irwasda Polda NTB, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, S.H., M.H., Danlanud Zam diwakilkan Kadisops Lanud Zam, Ketua DPRD Prov. NTB Hj. Baiq Isvie Rupaeda, S.H., M.H., Kajati NTB diwakilkan Asintel Kajati NTB, Sekda NTB Drs. H. Lalu Gita Aryadi, M.Si., Kabinda NTB Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si, Ka BNN Prov. NTB Brigjen Pol Drs. Gde Sugianyar Dwi Putra, S.H., M.Si., serta para Assisten, Ka Kanwil, Kadis dan Ka Cabang. Rabu (15/7).

Acara yang dibuka oleh Kepala Perum Bulog dengan sambutan selamat datang kepada para tamu yang hadir, dilanjutkan dengan paparan kondisi Bulog di Prov. NTB saat ini. Selain itu juga Ka. Bulog menyampaikan, menyarankan kepada stekholder Forkopimda Prov.NTB dijajarannya untuk menggunakan beras bulog sebagai apresiasi kepada Petani NTB.

Pembahasan kedua yang dipaparkan Danrem 162/WB, diantaranya mengajak semua unsur elemen dari segala lapisan yang ada dimasyarakat untuk bersama-sama membantu mencegah penyebaran virus corona di kota mataram.

Komandan Lanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., menanggapi dan sangat mengapresiasi gagasan dan ajuran yang disampaikan dalam pertemuan tersebut. Agar masyarakat harus disiplin dan patuhi semua protokol kesehatan yang telah menjadi ketetapan. Bukan hanya petugas medis ataupun aparat keamanan dalam pengawasan dimasyarakat, namun semua dapat memberikan sumbangsihnya dalam penanganan penyebaran dan penularan Covid -19, terpenting dalam situasi seperti ini tiap individu atau diri sendiri yang memiliki kesadaran dalam melaksanakannya.

” Contoh paling mudah misalnya memakai masker dengan baik dan benar serta bersih, selulu mencuci tangan dan jaga jarak, hindari kerumunan atau berkumpul tanpa memperhatikan protokol kesehatan”. Ucapnya dalam kesempatan berbeda.

Masih kata kata Danlanal Mataram, Sinergitas memang diperlukan dalam penanganan serta pengawasan guna mencegah penyebaran dan menularan virus corona yang sampai saat ini di Provinsi Nusa tenggara Barat masih dalam zona merah.

” TNI AL dalam hal ini Lanal Mataram siap membantu dan bekerja sama dengan instansi mana pun. ” ujar Danlanal Mataram.

Tentara Nasional Indonesia (TNI AD, AL dan AU) selain melaksanakan tugas pokok menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Salah satu tugas TNI dalam operasi militer selain perang (OMSP) diantaranya adalah memberi bantuan kepada Pemda dan instansi lain, dalam hal ini menangani pencegahan penyebaran wabah covid-19 yang semakin meluas.

“Diinternal kami, Prajurit Lanal Mataram beserta keluarga wajib hukumnya mematuhi semua protokol kesehatan yang telah dianjurkan dan disampaikan dalam setiap kesempatan. Pelaksanaannya telah diatur selain kedisiplinan tiap personel, POMAL memiliki kewenangan mengingatkan serta menindak bagi pelanggar.

” Melalui Tim Balai Kesehatan (BK) Lanal Mataram, perintahkan untuk terus menerus. sosialisasikan bahaya serta pencegahan dari penularan Virus corona.”  Tutup Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., melalui siaran pers tertulis Penlanal Mataram kepada Media AN.


guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Baca Juga :

Close