Terjemahan

AmpenanNews. Bertempat di pantai Cemara Lombok Barat sebagai kepedulian Polri dalam penghijauan pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir dengan melakukan penananman pohon mangrove pada hari Jumat 21 Februari 2020.

Bhayangkari NTB Gandeng Desainer Nasional Promo Pariwisata

Pelaksanaan kegiatan penanaman pohon mangrove dipimpin langsung oleh Kapolda NTB Irjen Pol Drs.Tomsi Tohir M.Si yang diawali dengan penyerahan pohon mangrove secara simbolis kepada anggota TNI, Polri dan Pramuka.

Acara penghijauan dengan penanaman pohon mangrove dihadiri Waka Polda NTB, PJU Polda NTB, Danrem 162/WB, Danlanal Mataram, Danlanud ZAM, Kadis Kehutanan, Kadis Kelautan dan Perikanan, Bupati Lobar, Kepala PT PELINDO II Lembar dan instansi terkait pasukan TNI-POLRI, Pramuka serta Pelajar dan juga Ibu-ibu Bhayangkari.

Baca Juga :  Kemenparekraf RI Sosialisasi dan Simulasi Protokol Kesehatan di Industri Pariwisata

Pada acara tersebut Kapolda NTB membacakan sambutan Kapolri yang antara lain mengatakan bahwa hutan mangrove memiliki peran ekologis besar bagi kehidupan manusia yang telah berabad-abad dijadikan tumpuan jutaan orang yang hidup dipesisir juga memiliki fungsi mulai dari penyedia sumber makanan, bahan baku industri, mencegah banjir, mencegah erosi hingga fungsi rekreasi.

Keberadaan mangrove sangat penting antara lain menahan abrasi, membentuk lahan baru menyediakan makanan bagi hewan laut sebagai sumber keanekaragaman hayati dan penting untuk menjaga kestabilan ekosistem pantai.

Fakta menunjukan bahwa kehilangan hutan mangrove sebesar 3-5 kali lebih cepat dari kehilangan hutan global hal ini terjadi di Indonesian yang memiliki sepertiga mangrove dunia.

Baca Juga :  Dirresnarkoba, Peredaran Narkoba Dikendalikan Dalam Lapas itu Hoax

Pada prinsipnya penanaman mangrove tahun 2020 bertujuan untuk memelihara ekologi, melindungi sistem penyangga kehidupan, pemanfaatan sumberdaya lestari laut dan ekosistemnya serta sarana dan prasarana wisata alam.

Disamping itu juga mengurangi kerusakan dan kepunahan keanekaragaman hayati alam Indonesia khususnya wilayah pesisir demi kelangsungan kehidupan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan dan berkontribusi mengurangi dampak perubahan iklim dunia.

Sebagai tindakan preventif dan preemtive dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya perairan laut terhadap setiap aktifitas yang mengancam kerusakan lingkungan dan sumber daya laut, pesisir dan pantai. Sebagai edukasi bagi pelajar untuk memelihara dan mencintai alam serta lingkungan bahari.

Humas Polda
Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto S.I,K, M.Si

” Selesai sambutan dilanjutkan dengan Foto bersama dan penanaman pohon mangrove yang diawali oleh Kapolda NTB dan diikuti oleh seluruh peserta yang hadir.” Kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto S.I,K, M.Si melalui rilisnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments