Terjemahan

Ampenan News. Seismisitas di wilayah NTB dan sekitarnya pada Bulan September telah terjadi gempabumi sebanyak 284 kejadian yang didominasi oleh kejadian dengan Magnitudo <3.0 dan kedalaman dangkal <60 Km. Dari 284 kejadian tersebut terdapat 11 gempabumi yang dirasakan sekitar wilayah Nusa Tenggara Barat.

Kejadian gempabumi terasa terutama yang dirasakan di Wilayah Pulau Lombok dengan Intensitas II-III MMI terjadi sebanyak 9 kejadian. Selain itu terdapat juga gempabumi dirasakan di Bima III MMI sebanyak 1 kejadian dan Sumbawa III MMI sebanyak 1 kejadian. Semua gempabumi tersebut merupakan gempabumi dangkal dengan kedalaman < 60 Km.

Analisa gempabumi di wilayah NTB dan sekitarnya Bulan September 2019 dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu gempabumi berdasarkan magnitudo, frekuensi kejadian dan kedalaman tiap kejadian gempabumi.
Adapun uraiannya sebagai berikut:

Baca Juga :  Dirdiklat Pusterad Apresiasi Latihan Bencana Alam Korem 162/WB

~ Berdasarkan Frekuensi Kejadian Gempabumi pada bulan September 2019, kejadian gempabumi terbanyak pada tanggal 21 September 2019 sejumlah 22 kejadian.

~ Berdasarkan besar magnitudonya gempa dengan M < 3 sebanyak 187 kejadian, gempa dengan 3 ≤ M ≤ 5 sebanyak 97 kejadian dan tidak terdapat kejadian untuk gempa dengan M > 5.

~ Berdasarkan kedalaman gempabumi dengan kedalaman < 60 km sebanyak 232 kejadian, gempabumi dengan 60 km ≤ D ≤ 300 km sebanyak 52 gempabumi dan tidak terdapat kejadian untuk gempabumi untuk kedalaman > 300 Km.

” Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg. ” kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi, S.Si dalam rilisnya.


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments