Terjemahan

AmpenanNews – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 Tahun dan mendukung program pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat tentang program NTB Zero Wast, SMK Ilhami bekerjasama dengan pemuda-pemuda Cepak Daya menyelenggarakan kegiatan Upacara Bendera di sungai Pesanggerahan, Aikmel kecamatan aikmel Lombok timur. (17/8)

Kegiatan ini digagas oleh M. Putradi Zaki dan Dewan Pembina selaku pengurus di SMK Ilhami. Sedangkan tujuan kegiatan ini, tidak lain untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, selain itu siswa dan siswi yang terlibat juga akan mendapatkan edukasi terkait dengan pentingnya menjaga lingkungan, Ungkap M. Putra Zaki selaku Panitia Acara.

Kegiatan ini diawali dengan pejalanan para siswa SMK Ilhami dari sekolah ke lokasi kegiatan yang berjarak sekitar 1km. Dalam perjalanan setiap siswa disarankan untuk memungut sampah yang ditemukan sepanjang perjalanan dan menyimpannya ke dalam tas karung yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Baca Juga :  Aparat Gabungan Amankan Terduga Pelaku Ilegal Loging Saat Patroli Hutan

Lebih lanjut, M. Putra Zaki pengungkapan, Selain menyadarkan masyarakat dan mengedukasi segala pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, tujuan lain adalah agar masalah sosial yang sudah membudaya ini menjadi prioritas utama bagi segenap lapisan masyarakat, khususnya pemerintah. Sedangkan yang menghadiri kegiatan ini, 50 siswa.

Selain siswa SMK Ilhami, kegiatan ini melibatkan para tokoh masyarakat, pemuda Dusun Cepak Daya. Upacara ini juga dihadiri oleh Dosen Ilmu Komunikasi Unram, Pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Lombok Timur dan komunitas-komunitas seperti Sanggar Rakjat Cepak dan Belpas Peduli yang fokus dalam pengelolaan sampah.

Selain itu juga, untuk mendukung Program Pemerintah NTB tentang Program Zero Waste. Zero Waste Adalah sebuah program untuk semakin peduli terhadap pentingnya lingkungan yang bersih, sehat dan indah. Program yang di susun oleh Gubernur dan Wakil Gubernur (Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. – Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd.)

Baca Juga :  Gerakan Pramuka Harus Tetap Semangat, Produktif dan Inovatif Pesan Wagub NTB

Pada kesempatan lain, dalam melonching Bank Sampa Al- Fadhila Aikmel Timur yang di resmikan oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, pada Minggu lalu, Pemerintah provinsi berharap di setiap desa dibentuk sebuah Bank Sampah yang akan bergerak mengubah sampah menjadi sumber daya untuk menjadikan masyarakat sekitar mendapatkan hasil dari pengelolaan sampah tersebut.

Dalam paparan Wakil Gubernur saat melaunchig Bank Sampah Al-Fadhila, Wagub berharap dorongan dan kerja sama untuk menyukseskan program NTB Zero Waste dengan tetap bergontong royong dalam penanganan sampah yang ada di lingkungan maupun di desa. Karena, pemerintah tidak akan pernah bisa menyukseskan program apapun tanpa ada bantuan dari masyarakat.

Baca Juga :  Wagub Tekankan Sekolah di NTB Menerapkan Konsep Zero Waste

Seusai kegiatan ini, Panitia Acara akan merencanakan dan melaksanakan kegiatan cleanup yang mendukung program pemerintah NTB dalam program Zero Waste, sehingga nantinya akan melibatkan komunitas-komunitas yang bergerak dalam pengelolaan sampah dan mahasiswa KKN Universitas Mataram yang kebetulan ditempatkan di desa Aikmel Induk.

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments