Sembalun Lawang Bersama KKN PMD Universitas Mataram
Terjemahan

Sembalun Lawang adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. . Sembalun Lawang adalah sebuah destinasi yang memesona di Lombok Timur. Salah satu daya tarik alam yang paling mencolok di wilayah ini adalah kebun stroberi yang subur.

Dataran tinggi Sembalun Lawang memberikan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan stroberi yang berkualitas tinggi. Cuaca sejuk dan tanah yang subur menciptakan kondisi yang optimal bagi tanaman stroberi untuk berkembang dengan baik.

Stroberi merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan mempunyai banyak manfaat.Berdasarkan hasil observasi dari KKN PMD desa sembalun lawang panen buah stroberi selalu melimpah di Sembalun pada bulan april-oktober.

Baca Juga :  Permasalahan Bantuan Covid-19 di Desa Kekeri Kecamatan Gunungsari

Melimpahnya hasil pertanian salah satunya adalah stroberi yang belum di manfaatkan oleh penduduk setempat untuk di jadikan sebuah produk olahan yang menambah nilai ekonomis.

Oleh karena itu KKN PMD DESA SEMBALUN LAWANG tertarik mengambil buah stroberi untuk dijadikan produk olahan yang berupa selai stroberi.Bentuk Kegiatan yang dilakukan oleh KKN PMD DESA SEMBALUN LAWANG salah satunya yaitu kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengolahan stroberi menjadi selai stroberi ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian yang dihasilkan oleh petani stroberi di Desa Sembalun Lawang.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan peserta dapat mengembangkan usaha agrowisata mereka dengan menawarkan produk olahan stroberi yang unik dan menarik kepada para wisatawan yang berkunjung ke desa tersebut.

Baca Juga :  Sat Pol PP Lotim Belum Serius Lakukan Penertiban Poster Politik

Selain itu, kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengatasi permasalahan yang sering dihadapi oleh petani stroberi, yaitu rendahnya harga jual stroberi saat panen raya dan tingginya tingkat kerusakan stroberi akibat masa simpan yang pendek. Dengan mengolah stroberi menjadi selai stroberi, petani dapat meningkatkan pendapatan mereka dan mengurangi limbah stroberi yang terbuang sia-sia.

Kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk belajar dan berbagi pengalaman dengan sesama pengolah stroberi, serta mendapatkan bimbingan dan masukan dari tim pengabdian dari Universitas Mataram.

Hal ini dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan motivasi peserta untuk terus mengembangkan produk olahan stroberi yang lebih bervariasi dan berkualitas.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments