Korem 162/WB Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI
Terjemahan

AmpenanNews. Melihat kondisi gunung Rinjani saat ini, dengan mengusung tema “menyatu dengan alam” Korem 162/Wira Bhakti, menggelar kegiatan pembersihan jalur pendakian gunung Rinjani dan penanaman pohon yang melibatkan sekitar 700 personil gabungan mulai dari TNI-Polri, Pemerintah Daerah, Relawan dan Masyarakat. Selain itu juga melepas ratusan burung kecial agar kawasan TNGR lebih natural dan asri sebagai bentuk menghargai keindahan alam dan menjaga ekosistemnya tetap seimbang. berlangsung mulai kemarin (Kamis, red) hingga hari ini, Jum’at, (2/2/2024).

Dengan keindahan alam Gunung Renjani yang memukau dan pesona puncaknya yang megah, telah menjadi tujuan favorit para pendaki dan wisatawan dari seluruh dunia. Namun, di balik keindahannya yang memikat, ada masalah serius yang perlu kita hadapi bersama yaitu sampah. Selain permasalahan sampah, kondisi alam di sepanjang jalur pendakian yang minim tanaman keras sebagai tempat berteduh bagi para pendaki dari panas terik matahari.

Baca Juga :  Siswi SMAN 1 Selong Terpilih Sebagai Paskibraka Perwakilan NTB

Dikegiatan “menyatu dengan alam” ini di hadiri Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Harfendi, SE. M.Sc., Pj. Gubernur NTB, H. Lalu Gita Ariyadi, M.Si., Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han., Waka Polda NTB, Brigjen Pol Ruslan Aspan., Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla., M.M., Danlanud ZAM, Kolonel Pnb Erwin Sugiandi, M.Han., OPD Propinsi dan Bupati Lombok Timur beserta OPD Lombok Timur.

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Harfendi, SE. M.Sc., menyampaikan sebagai upaya untuk menjaga kelestarian hutan dan mencegah erosi tanah di sekitar Gunung Rinjani, adalah dengan menanam pohon, dan pelepasan burung kecial, merupakan salah satu upaya untuk melestarikan keanekaragaman hayati di kawasan tersebut. burung kecial sendiri merupakan burung endemik yang populasinya terancam karena hilangnya habitat alaminya.

Baca Juga :  Persiapan Musabaqoh Tilawatil Qur'an Tingkat Provinsi di Lotim

” Dengan adanya kegiatan-kegiatan ini, diharapkan kawasan Gunung Rinjani dapat tetap terjaga keasriannya dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Kami ucapan terima kasih kepada semua pihak baik Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur serta semua OPD yang terlibat sehingga kegiatan pelaksanaan penanaman pohon, pelepasan satwa liar dan pembersihan sampah di Gunung Rinjani dapat terlaksana,” imbuh Mayor Jenderal TNI Harfendi.

Pj. Gubernur NTB, H. Lalu Gita Ariyadi,M.Si., pada kesempatan itu mengatakan alam bukan warisan nenek moyang, tetapi titipan anak cucu sehingga perlu dilestarikan, dengan memelihara kelestarian alam, dapat menambah usia hidup, dan semoga apa yang kita kerjakan hari ini mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Baca Juga :  Danrem, Patuhi Kebijakan Pemerintah Tentang Penanganan Covid-19

Pada kesempatan yang sama Danrem 162/WB, Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han., juga mengucapkan terimakasih atas motivasi dan dukungan dari semua pihak, Jajaran Korem 162/WB, Pemerintah Propinsi NTB, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dan Polda NTB beserta seluruh jajarannya sehingga pelaksanaan clean up dan reboisasi berjalan aman dan lancer.

Sumber:
Penrem 162/WB.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments