Pascasarjana UIN Mataram Gelar Konferensi Internasional bersama School of Multimedia Technology & Communication Universiti Utara Malaysia
Terjemahan

AmpenanNews. Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram bersama dengan School of Multimedia Technology & Communication Universiti Utara Malaysia (UUM) menggelar International Joint Conference, International Postgraduate And Promotion Program Tahun 2023 yang berlangsung secara di Aula Lt. 2 Gedung Akademik Pascasarjana kampus 1 UIN Mataram, Selasa (31/10/23).

Dalam kegiatan yang bertema “Multimedia, Education and Religion in Indonesia and Malaysia” ini dihadiri oleh seratusan peserta yang terdiri dari pimpinan universitas, pimpinan fakultas, para dosen, tendik dan mahasiswa perwakilan semua prodi di lingkungan Pascasarjana UIN Mataram.

Kesempatan tersebut, Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag. menyampaikan konferensi internasional ini tidak hanya menjadi ajang publikasi karya tulis, namun juga sebagai wadah sharing ilmu pengetahuan atau sains, pengalaman dan network serta bersinergi guna menghasilkan dampak positif dalam peningkatan pengembangan wawasan sivitas akademika baik dosen, tendik dan mahasiswa.

“ Semoga konferensi internasional ini menjadi kolaborasi antar dua negara dengan harapan visi dan misi UIN Mataram menjadi world class university dapat diwujudkan,” ungkap rektor.

Kesempatan yang sama juga Rektor UUM Prof. Dr. Shahimi Mortar yang didampingi lima pensyarah dari UUM, menegaskan konferensi internasional ini digelar sebagai bentuk semangat bersama di dunia akademik terlebih Indonesia dan Malaysia yang merupakan bangsa yang serumpun.

“ kegiatan ini tentunya bukan pertama dan tearkahir yang kita laksanakan bersama, tetapi kegiatan yang terus akan berlajanjut, akan terus dilaksnakan kembali. Kita ini satu rumpun Melayu, kalau kita yang serumpun tidak kerjasama maka kita rugi,” jelas Rektor UUM.

Baca Juga :  Pilar Demokrasi adalah Pers yang Sehat dan Mencerdaskan

Direktur Pascasasrjana UIN Matarm Prof. Dr. H. Fahrurrozi, MA. juga menyampaikan dengan menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran Rektor UMM beserta rombongan.

Menurutnya kegiatan konferensi internasional ini selain sebagai bentuk realisasi MoU dan MoA antara UIN Mataram dengan UMM sekaligus sebagai kunjungan balasan dari UUM di Pascasarjana UIN Mataram.

Sebelumnya rombongan Pascasarjana UIN Mataram pada tanggal 8 s.d 9 Agustus 2023 telah melaksanakan Research Dissemination and International Joint Conference di UUM yang berjalan sukses dan banyak memberikan kesan yang baik berkat support penuh dari Rektor UUM sebagai tuan rumah.

Wakil Direktur Prof. Mohamad Abdun Nasir, M.Ag., Ph.D. saat opening ceremony juga menyampaikan bahwa kehadiran Rektor UUM berserta rombongan semakin memperkuat hubungan akademik antar negara yaitu Indonesia dan Malaysia, Untuk itu, lanjutnya, melalui kolaborasi kerja sama dalam konferensi internasional ini, diharapkan menjadi upaya pengembangan bersama, khususnya dalam multimedia dan komunikasi yang dikombinasikan atau dikoneksikan dengan berbagai disiplin ilmu terutama oleh prodi yang ada di Pascasarjana UIN Mataram.

Usai opening session kegiatan dilanjutkan dengan conference panel yang dibagi menjadi 3 (tiga) panel. Panel ke-1 dimoderatori oleh Dr. Abdulloh Fuadi, MA., diisi oleh 5 presenter yaitu Dr Azahar Kasim dari UUM dengan judul The Future of Robotic Journalism and AI From The Perspective of Malaysia. Kemudian Muhammad Ali tentang Tracking Sayyid Qutb’s Contribution in Applying Methods and Styles of Interpretation Through Digitizing the Book of Tafsir fi Zhilal al- Quran. Berikutnya Dr. Rendra Khaldun, M.Ag dari UIN Mataram tentang Pemanfaatan Media Sosial Sebagai alternatif untuk membantu efektivitas SUSCATIN di Lombok Barat. Selanjutnya Dr. Abdul Rasyid Ridho, M.A dari UIN Mataram tentang Edukasi Etika Komunikasi Di Media Sosial Perspektif Al- Qur’an Bagi Gen-Z Melalui Pemanfaatan Aplikasi Mobile. Dan Dr. Azizah Che Omar dari UUM tentang Augmented Reality Mobile Application For Promoting Asnaf Care.

Baca Juga :  Safari Subuh, Kuasai Ilmu Agama, Pemuda Diharapkan Jadi Pengusaha

Pada panel ke-2 dimoderatori oleh Dr. Muhammad Thohri, M.Pd. diisi oleh 5 presenter yaitu Associate Prof. Ts. Dr. Sobihatun Nur binti Abdul dari UUM te tentang Persuasive Multimedia and Islam: Principles and Applications, Dr. Moh. Iwan Fitriani, M.Pd dari UIN Mataram tentang Principal’s Policies and Teachers’ Strategies to Promote Distance Learning Equity during School Closure (SC) in Indonesia: Lessons Learned from the Last Covid-19, Dr Noor Aziah Abdullah dari UUM tentang Penguatkuasaan Bahan Penerbitan di bawah Akta Mesin Cetak & Penerbitan 1984, Muhammad Khairul Fatihin tentang Efektivitas Media Sosial (Facebook dan Instagram dalam Promosi Wisata Bukit Anak Dara) Sembalun Lombok Timur, dan Azliza Othman dkk tentang Prinsip Multimedia dalam Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Kanak-Kanak Tadika: Jom mengenal Buah dan Sayuran.

Baca Juga :  Awal Bulan Februari Penyuluh Agama Non PNS Dipastikan Terima SK

Dipanel ke-3 dimoderatori oleh Dr. Ribahan, M.Pd. diisi oleh 5 presenter yaitu Dr. Sanurdi MSI dari UIN Mataram tentang The Influence of Financial Technology on Development of Small and Medium Enterprises, Dr. Yusrita Mohd Yusoff dkk dari UUM tentang Designing Success: Expert Review-Based Formative Evaluation of a Learning Animals Website for Kindergarteners, Dr. H. Sainun, M.Ag., dari UIN Mataram tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Nikah Melalui SIMKAH di KUA Kota Mataram: Menakar Keunggulan dan Kelemahan, Dr Nurulhuda Ibrahim dari UUM tentang Gaming Bridges: Promoting Culture through Digital Adventures, dan Dr. M. Firdaus dari UIN Mataram tentang Struktur, Pola dan Fungsi al Quran sebagai Standing Speech Act.

Pada prosesi conference panel diawali dengan presentasi paper, selanjutnya dosen dan mahasiswa peserta konferensi memberikan respon, tanggapan, feedback serta menjajaki peluang kolaborasi penelitian yang lebih luas dan mendalam dengan berbagai potensi peluang kegiatan internasional lainnya.

Conference panel di Pascasarjana selesai samapai waktu Zuhur, selanjutnya rombongan UUM melanjutkan kegiatan yang berkaitan dengan kolaborasi internasional ke beberapa Fakultas di lingkungan UIN Mataram.

 


Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments