UIN Mataram Memperingati Hari Santri Nasional 2023, Begini Rangkaiannya!
Terjemahan

AmpenanNews. Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2023 berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas. UIN Mataram melaksanakan beberapa agenda besar dan spektakuler yang dibingkai dengan semangat harmoni, dan kekeluargaan dan rangkain kegiatan tersebut melalui catatan ini, Minggu 22/10.

Pada Agenda pertama sebagai rangkaian peringatan HSN 2023 oleh UIN Mataram yakni pengukuhan 5 Guru Besar yang punya latar belakang santri diantaranya Prof. Dr. H. Subhan Abdullah Acim, Prof. Dr. Riduan Mas’ud, Prof. Dr. H. Ali Jadid al Idrus, Prof. Dr. Muh. Salahuddin, dan Prof. Dr. Abdul Malik, yang berlangsung pada Sabtu, 21 Oktober 2023 pukul 09.00 wita di Auditorium UIN Mataram.

Baca Juga :  Tiga Fraksi Terima Dukungan Prof. DR. TGH. Masnun Tahir, M.Ag. Jadi Pj Gubernur NTB

Bukan hanya pengukuhan 5 guru besar, juga diisi dengan kegiatan Ekspo Kemandirian Pesantren kerjasama dengan Kantor Wilayah Kemenag NTB. Terdapat 30 Pondok Pesantren yang turut berpartisipasi dalam Ekspo tersebut. Kegiatan ekspo dibuka langsung oleh Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun Tahir, didampingi oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Subhan Abdullah Acim, Karo AAKK Dr. KH. Zaidi Abdad, Kabag TU Kanwil Kemenag NTB H. Fathurrahman, Kemenag Kota Mataram, dan para pihak terkait lainnya.(21/10/2023)

Prof. DR. TGH. Masnun Tahir, MA, selaku Rektor menerangkan bahwa agenda peringatan Hari Santri Nasional 2023 dari UIN Mataram sendiri sangat banyak agenda. Dimana mulai dari agenda pengukuran 5 Gue Besar yang berlatar belakang santri, ekspo kemandirian pesantren, apel HSN, istighotsah, dan dilajutkan dengan agenda jalan sehat, beserta rapat senat terbuka dies natalis UIN Mataram yang ke 57 tahun. Semua kegiatan tersebut sebagai bagian dari rangakaian peringatan HSN 2023.

Baca Juga :  FGD Tracer Study UIN Mataram 2023 Best Practice Pengelolaan TS Almuni berbasis Elektronik

” UIN Mataram punya cara luar biasa memperingati HSN 2023. Pertama dengan pengukuhan 5 Guru Besar yang berlatar belakang santri, ekspo kemandirian pesantren, apel nasional, istighotsah bahkan lanjut dengan kegiatan jalan sehat, dan dies natalis UIN ke 57 tahun,” paparnya.

Guru Nun, sapaan akrabnya Prof. DR. TGH. Masnun Tahir, juga menjelaskan terkait dengan pesan Apel HSN 2023 di UIN Mataram pada Ahad, 22 Oktober 2023 di Lapangan Kampus UIN Mataram yang melibatkan semua unsur civitas akademika. Konteks apel Hari Santri Nasional senagai niat rasa syukur kita kepada Allah swt atas nikmat kemerdekaan yang kita dapatkan di NKRI.

” Kita sangat bersyukur bisa menikmati kemerdekaan NKRI, dan patut kita syukuri atas hasil perjuangan para pejuang kemerdekan dahulu. Oleh sebab itu kita sebagai unsur civitas akademika UIN Mataram ikut merayakannya dengan agenda Apel Hari Santri 2023,” tegas Guru Nun

Baca Juga :  Rektor UIN Mataram Komitmen Penuh Terhadap Nilai Peradaban dan Perdamaian Dunia

Dengan rangkaian yang panjang, semoga UIN Mataram semakin jaya, dengan spirit “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments